Multiseat Computing, Solusi HP Buat Dunia Pendidikan

28 Juli 2010 Berita Pendidikan


KARAWANG - Salah satu hambatan akses teknologi informasi di sekolah-sekolah adalah kebutuhan dana yang besar tidak hanya untuk membeli perangkatnya, namun juga biaya operasional sehari-hari. Multiseat Computing adalah salah satu solusi dari pabrikan komputer Hewlett Packard (HP) yang bisa membantu kalangan pendidikan mengatasi hambatan tersebut.

"Pada intinya, HP mendukung transformasi lembaga pendidikan ke arah yang lebih berorientasi pada siswa, menjadikan lingkungan belajar lebih personal melalui pemerataan teknologi secara lebih terjangkau dan berkelanjutan," tutur Megawaty Khie, Managing Director, Personal Systems Group, HP Indonesia, saat peresmian Laboratorium Komputer yang dibangun di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah, Karawang, Jawa Barat, Senin (26/7/2010).

HP MultiSeat Computing adalah solusi yang dihadirkan HP untuk memberikan kesempatan kepada para siswa mulai dari tingkat pendidikan dasar hingga perguruan tinggi, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus, untuk menemukan metode baru dalam belajar. Solusi ini menyediakan akses PC bagi siswa dengan dengan jumlah yang lebih banyak namun dengan harga yang lebih terjangkau, serta memberikan kesempatan belajar yang tidak lagi terbatas di dalam ruang kelas. HP MultiSeat Computing juga akan meningkatkan kemampuan siswa, dari kemampuan komputer dasar menuju kemampuan berkolaborasi, menciptakan kreasi, hingga memecahkan masalah dengan memanfaatkan teknologi.

Solusi HP MultiSeat Computing terdiri dari sebuah PC host HP MultiSeat ms6000 PC, yang dapat dibagi bersama oleh hingga 10 siswa dan terkoneksi melalui HP MultiSeat t100 Thin Client. Solusi ini di dukung oleh Microsoft Multi Point Server 2010 dan menggunakan sumber daya pemrosesan yang berlebih untuk dimanfaatkan pada unit komputer lain. Karena hanya PC host saja yang menyala, maka konsumsi energi dan biaya terkait lainnya dapat dikurangi dan ini merupakan solusi efektif bagi sekolah yang memiliki keterbasan biaya dan listrik.

MultiSeat Computing untuk Laboratorium Komputer di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Ahliyah, Karawang, Jawa Barat merupakan sumbangan HP bagi dunia pendidikan yang diprakarsai Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia dengan menggandeng sejumlah mitra. Sebelum di Karawang, solusi HP MultiSeat Computing telah diterapkan oleh beberapa sekolah di Bandung dan Yogyakarta.

Sumber: tekno.kompas.com