Mulai Juli, Sekolah Wajib Agendakan Kunjungan ke Museum

30 Maret 2010 Berita Pendidikan


BANDUNG-MI: Mulai Juli 2010, sekolah dari tingkat SD hingga SMA wajib mengagendakan kunjungan wisata ke museum. Kebijakan itu merupakan bagian dari upaya menyukseskan Tahun Kunjungan Museum yang dicanangkan pada tahun 2010.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik mengatakan, Kementerian Pendidikan Nasional telah bersedia membantu program Visit Museum Year 2010. Salah bentuk dukungannya berupa surat edaran Mendiknas yang mewajibkan anak sekolah menggali ilmu pengetahuan di museum.

"Program ini sudah diujicobakan di sejumlah daerah dan mulai Juli nanti menjadi agenda wajib di setiap sekolah. Diharapkan kehadiran pelajar dapat menghidupkan keberadaan museum," ujar Jero Wacik, di Bandung, Jawa Barat, Minggu (28/3).

Selain menggandeng Kemendiknas, lanjut Jero, pihaknya juga telah meminta kepada kepada gubernur dan bupati/walikota agar mengalokasikan dana APBD bagi keperluan perbaikan museum. Sebab tanpa bantuan pemerintah daerah, Kemenbudpar sulit memnuhi kebutuhan dana revitalisasi ratusan museum.

"Semua upaya kami kerahkan agar museum mendapatkan perhatian yang layak. Paling tidak, lima tahun ke depan, peran museum sebagai sumber ilmu harus jauh lebih baik dibandingkan sekarang," imbuhnya. (AX/OL-7)

sumber: mediaindonesia.com