Mohamad Nasir: Program Bidik Misi Akan Terus Dimaksimalkan

20 September 2016 Berita Pendidikan


Meski program bidik misi sudah ada sejak 2010, namun masih banyak masyarakat yang belum secara maksimal mendapatkan manfaat dari program ini. Maka dari itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tingi (Menristekdikti) RI, Mohamad Nasir mengatakan, bahwa pihaknya akan memaksimalkan program bidik misi.

Jika Anda belum mengetahui apa itu program bidik misi, program ini merupakan bantuan pendidikan yang dibentuk oleh pemerintah Republik Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Terkait sasaran jenjang yang ditargetkan program ini ialah lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK atau bentuk lain yang sederajat yang tidak mampu secara ekonomi namun memiliki potensi akademik yang baik.

Tujuan dari program bidik misi ini sendiri adalah untuk membantu mahasiswa agar bisa terus menyelesaikan kuliahnya. Selain itu, beasiswa bidik misi ini juga bertujuan untuk meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi bagi peserta didik yang tidak mampu secara ekonomi dan berpotensi akademik. Baik, memberi bantuan biaya pendidikan kepada calon/mahasiswa yang memenuhi kriteria untuk menempuh pendidikan program Diploma atau Sarjana sampai selesai dan tepat waktu.

Dengan adanya program ini yang kian dimaksimalkan, diharapkan para lulusannya memiliki sikap yang mandiri, dan memiliki kepedulian sosial, sehingga mampu berperan dalam upaya pemutusan mata rantai kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)