Meski Puasa, Siswa Tetap Upacara

13 Agustus 2010 Berita Pendidikan


SURABAYA - Kendati berpuasa, para siswa di Jawa Timur disarankan tetap mengikuti upacara bendera. Sebagai warga negara Indonesia, siswa hendaknya menghormati dan menghargai jasa-jasa pahlawan serta pejuang bangsa.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Harun, di Surabaya, Kamis (12/8/2010). Menurutnya, semua sekolah dari berbagai tingkatan tetap menggelar upacara bendera peringatan HUT kemerdekaan ke-65 RI pada 17 Agustus 2010 mendatang meskipun dalam keadaan berpuasa.

"Sekolah harus tetap melaksanakan upacara di sekolah masing-masing. Ini juga sudah sesuai kalender pendidikan," ujar Harun.

Hanya saja, lanjut Harun, upacara dilakukan secara sederhana dan tidak terlalu lama. Kalau biasanya upacara diselingi oleh pembagian hadiah dan pengumuman lainnya, kali ini hendaknya bisa dipersingkat.

"Disesuaikan saja oleh sekolah masing-masing. Yang jelas, upacara hendaknya tetap dilaksanakan," tukas Harun.

Ditegaskan bahwa pihaknya tidak mengatur adanya sanksi atau teguran ke sekolah yang tidak melakukan upacara dengan alasan bulan puasa. Tapi, lanjut dia, pihaknya tidak serta-merta memperbolehkan sekolah tak melakukan upacara. Ia mengatakan, pihaknya membutuhkan pengertian dari semua sekolah agar tidak menganggap remeh upacara bendera.

Sumber: edukasi.kompas.com