Menteri Kebudayaan Malaysia Beri Kuliah Umum di UI

8 Maret 2012 Berita Pendidikan


DEPOK - Menteri Penerangan, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia, Dato Seri Utama Dr Rais Yatim dijadwalkan memberikan kuliah umum di Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI), Kamis (8/3/2012).

Dekan FIB UI Bambang Wibawarta mengatakan, Menteri Penerangan, Komunikasi dan Kebudayaan Malaysia diundang mengingat tensi hubungan bilateral Indonesia-Malaysia yang saat ini masih belum stabil. Meski demikian, jelas Bambang, kuliah umum ini juga akan membawa peran strategis karena sang menteri langsung hadir dan berinteraksi dengan para mahasiswa.

"Pasang surut hubungan Indonesia-Malaysia tak bisa dipungkiri. Pada tingkat pemerintahan, persoalan jarang muncul ke permukaan. Namun, gejolak justru ada di tingkat rakyat kedua negara. Ini langkah progresif," kata Bambang, di Kampus UI, Depok, Jawa Barat, pagi ini.

Ia menambahkan, kedua negara mempunyai justifikasi terhadap semua permasalahan yang ada. Dalam konteks itulah, ia menilai pentingnya kehadiran Rais Yatim. Dengan kuliah umum ini diharapkan akan ada komunikasi tentang perspektif dari kedua belah pihak.

"Kami harap kita bisa saling terbuka dengan semangat saling menghargai agar hubungan kedua negara semakin baik di masa mendatang," ujar Bambang.

Rencananya, untuk memperluas perspektif dan mempertajam analisa hubungan Malaysia-Indonesia, FIB UI juga mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu, dan Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring.

Sumber: kompas.com