Menkominfo: Kisruh UN Akibat Arus Informasi dan Komunikasi Bermasalah

28 Januari 2010 Berita Pendidikan


Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring, kembali mencuatnya persoalan ujian nasional (UN) beberapa waktu terakhir ini dapat dianggap sebagai kondisi yang menunjukkan adanya masalah dalam kelancaran arus informasi dan komunikasi publik, khususnya terkait pelaksanaan UN.

Demikian diungkapkan Tifatul dalam pidato pembukaan diskusi publik Penyelenggaraan Ujian Nasional sebagai Alat Evaluasi Keberhasilan Pendidikan di Jakarta, Kamis (28/1/2010).

Menurut dia, mulai dari peserta didik, guru, orangtua, hingga masyarakat kembali mempersoalkan dan meresahkan UN. Liputan media pun seakan tak hentinya menampilkan pendapat pro dan kontra terhadap penyelenggaraan UN.

"Ada masalah dalam kelancaran arus informasi dan komunikasi ini dan harus segera diatasi agar tidak semakin menimbulkan keresahan," kata Tifatul.

Ia mengatakan, instansinya harus membantu pemerintah mendapatkan informasi yang dibutuhkan dan membantu instansi sektoral dalam menyampaikan informasi tentang kebijakan UN. Dalam konteks tersebut, lanjutnya, diskusi publik menjadi penting dilaksanakan.

Penulis: LTF/Editor: Edj

Sumber: Kompas.Com