Menjelang Hari Valentine, Disdik Bandung Menyebarkan Surat Edaran Sekolah

12 Februari 2016 Berita Pendidikan


Hari Valentine merupakan hari kasih sayang bagi seluruh dunia. Masyarakat, terutama remaja, biasa merayakan hari kasih sayang ini dengan orang yang mereka kasih, seperti jalan - jalan, memberi bunga, kado, atau surat. Disdik Bandung pun juga memberikan surat kepada sekolah menjelang hari Valentine.

Namun bukanlah surat cinta, melainkan surat berisi larangan para siswa merayakan hari Valentine. Surat edaran tersebut akan disebar merata mulai dari tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah atas (SMA).

"Karena SD juga tingkat percepatan kedewasaannya tinggi. Kelas 5 atau 6 itu pergaulan sudah remaja. Kami justru mencegah pergaulan yang kurang baik itu," ungkap epala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Bandung, Elih Sudiapermana.

Elih mengatakan pengedaran surat larangna tersebut sudah dilakukan sejak 2015. Hal ini dilakukan sebab kekhawatiran perilaku remaja yang menyimpang dalam menyikapi hari kasih sayang. Banyak remaja merayakan hari Valentine sampai ke sex bebas, berpesta dengan pakaian kurang senonoh, dan minum minuman keras.

Larangan ini juga mengingatkan para remaja untuk tidak perlu merayakan hari kasih sayang secara khusus. Di dunia pendidikan, konsep kasih sayang perlu dilakukan setiap hari baik dari siswa ke guru maupun sebaliknya dan antar siswa.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)