Mendiknas: UN 2010 Pasti Digelar

8 Desember 2009 Berita Pendidikan


"Saya sudah rapatkan kepala-kepala dinas pendidikan, yang intinya kami ingin tekankan bahwa UN tetap dilaksanakan. Ini penting agar masyarakat tidak masuk dalam ketidakpastian," kata Nuh saat melakukan kunjungan kerja ke SMKN I dan Yayasan Pendidikan Khadijah di Surabaya, Jawa Timur, Senin (7/12).

Nuh mengatakan, UN pasti digelar pada Maret nanti karena dalam putusan kasasi MA tidak ada larangan menggelar UN. "Dalam amar putusannya, MA hanya memerintahkan melakukan perbaikan, dan itu semua (perintah MA -red) sedang kami laksanakan," katanya.

Dalam amar putusannya, MA antara lain memerintahkan agar pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan; meningkatkan kualitas guru; mengatasi dampak psikologis negatif terhadap anak didik atas pelaksanaan UN; serta mengatasi berbagai kecurangan.

Ditanya tentang upaya hukum peninjauan kembali (PK) atas putusan kasasi MA, Nuh mengatakan, "Tidak relevan lagi, karena yang penting amar putusan sudah terlaksana."

Menurut Nuh, yang menentukan terlaksana tidaknya perintah MA adalah pemerintah. "Bukan pengadilan," katanya.

Meski demikian, Nuh meminta jajarannya hingga di sekolah-sekolah agar benar-benar mengatasi masalah kecurangan. "Para kepala dinas, tolong hindari betul masalah kecurangan. Kita harus menggelar UN yang lebih baik," katanya.

Saat ini, tutur Nuh, pemerintah telah melakukan sejumlah persiapan terkait UN. Antara lain pembuatan soal, koordinasi dengan perguruan tinggi, sistem evaluasi, dan lain-lain.

Dalam soal evaluasi, kata Nuh, kelak akan dicek berapa banyak ketidaklulusan dan di mana saja. kemudian, "Pada mata pelajaran apa dan apa penyebabnya, sehingga lebih spesifik untuk ditangani," kata Nuh. run/itz
Sumber: Republika Online