Mendiknas Resmikan SMP Terbuka Berbasis TIK

25 Agustus 2009 Berita Pendidikan


Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Bambang Sudibyo, meresmikan program rintisan pembelajaran berbasis teknologi informatika dan komunikasi (TIK) di tiga SMP Terbuka Perintis. Program ini diyakini dapat memajukan kemandirian peserta didik di SMP Terbuka.
Ketiga SMP Terbuka Perintis berbasis TIK yang diresmikan Mendiknas tersebut adalah SMP Terbuka 55 Tanjung Priuk Jakarta, SMP Terbuka 1 Malang, dan SMP Terbuka Kadanghaur Indramayu.

Mendiknas mendukung dan menyambut baik program tersebut. Ia mengatakan program ini akan berjalan lancar dan bisa lebih cepat, jika langsung digunakan. ''Pertama, memang harus punya sarana dan prasarananya. Baru menggunakannya, sebaiknya segera dilaksanakan,'' ujarnya dalam peresmian pencanangan Program Pembelajaran Berbasik TIK pada SMP Terbuka, di Gedung A, Plaza Depdiknas, Kamis (20/8).

Tak hanya itu, lanjut Mendiknas, para guru harus menguasai teknologi agar bisa membina peserta didiknya. Program ini diyakini Mendiknas juga bisa meningkatkan kemandirian peserta didik. ''Kemandirian akan mengantarkan siswa siswi pada daya saing, inovasi, meningkatkan kreativitas,'' jelasnya.

Mendiknas menegaskan, pembelajaran SMP Terbuka harus berpusat pada peserta didik dan tidak membuat peserta didik bergantung. ''Peserta didik harus jadi subyek pembelajaran bukan objek pengajar,'' tegasnya. she/eye

Sumber: Republika Online (republika.co.id)