Mendikbud Effendy: Ada 3 Komponen Penting dalam Tercapainya Keberhasilan Dunia Pendidikan

2 Agustus 2016 Berita Pendidikan


Dalam reshuffle kabinet yang diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada 27 Juli 2016 lalu, kini posisi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) diisi oleh Muhadjir Effendy setelah sebelumnya ditempati oleh Anies Baswedan.

Pada kesempatan acara Semarak Pendidikan Keluarga 2016, Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa ada tiga komponen penting dalam tercapainya keberhasilan dalam dunia pendidikan yaitu diantaranya adalahsekolah, keluarga dan masyarakat.

Acara yang bertemakan "Gerakan Pendidikan Keluarga Untuk Menumbuhkan Budi Pekerti dan Budaya Prestasi" tersebut digelar diPlaza Insan Berprestasi, Gedung Ki Hajar Dewantara Kemendikbud.

Effendy mengatakan bahwa seharusnya publik tidak hanya membebankan pendidikan hanya kepada sekolah saja, melainkan komponen lain yang tak kalah penting ialah peran keluarga dan masyarakat. Seperti yang Anda ketahui, sekolah selam iniselalu dipandang sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam mempersiapkan masa depan anak. Padahal, peran keluarga justru yang paling bertanggung jawab karena anak lahir dan dibesarkan di rumah.

Mendikbud Effendy mengatakan bahwa kalangan keluarga modern saat inicenderung menuntut terlalu banyak terhadap sekolah dalam kesuksesan anaknya.

Maka dari itu, ia dan pihaknya serta semua elemen masyarakat mengimbau agar para orangtua dan keluarga serta masyarakat turut andil dalam mendidik anak.

Dalam acara tersebut juga dimeriahkan oleh beragam aktraksi seni oleh pelajar mulai dari tarian, nyanyian hingga sosio drama di hadapan Mendikbud.Selain itu, pada kegiatanSemarak Pendidikan Keluarga juga dihadirkan 15 orang tua hebat yang berhasil mendidik anaknya ditengah keterbatasan yang juga menerima penghargaan dan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba jurnalistik pendidikan keluarga kepada 25 pemenang.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)