Mendikbud: Buka Olimpiade Olahraga Siswa, Berikan Prestasi yang Terbaik

23 September 2018 Berita Pendidikan


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membuka ajang Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Sportarium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Senin (17/9). Gelaran yang diikuti 1.998 siswa tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat ini diharapkan bisa tercium bakat baru yang bisa ikut ke ajang olahraga yang lebih tinggi ke depan. Berikan prestasi yang terbaik dalam O2SN ini, karena bisa jadi nanti siswa berprestasi akan tercium pemandu bakat ikut ke ajang lebih tinggi ke depan.

O2SN yang digelar saat ini, lanjut Muhadjir, di tengah Indonesia menyelenggarakan event olahraga tingkat internasional. Yaitu Asian Games 2018 yang belum lama ini digelar, dan Asian Para Games pada Oktober 2018 mendatang.Ia juga meminta agar peserta menjunjung tinggi nilai sportivitas. Menurutnya, hal itu sangat penting dibandingkan hanya mengejar peringkat saja.

Sementara, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud, Hamid Muhammad menambahkan, mereka yang berprestasi nantinya akan mendapatkan beasiswa. Untuk juara 1 sampai 3 akan mendapatkan beasiswa. Seluruh partisipan, ada sebanyak 4.423 orang. Sudah termasuk 1.998 siswa yang menjadi peserta, memperebutkan 438 medali. Terdiri dari 128 medali emas, 138 medali perak, dan 172 medali perunggu. Untuk cabang olahraga yang dipertandingkan sendiri, seperti renang, pencak silat, karate, senam, catur, atletik, kemudian balap kursi roda.

Acara yang diselenggarakan hingga 22 September itu, nantinya akan menggunakan venue di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), GOR Pangukan Sleman, GOR Klebengan, serta Stadion Sultan Agung Bantul. Dalam pembukaan itu, hadir pula Wakil Gubernur DIJ, KGPAA Paku Alam X. Dikatakannya, ajang ini juga sekaligus sebagai ajang pembinaan atlet di berbagai ajang olahraga. Ajang ini menjadi titik balik harapan prestasi bangsa ke depan.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)