Mendikbud Berharap Gsi Lahirkan Talenta-Talenta Pesepak Bola Masa Depan Indonesia

22 Oktober 2019 Berita Pendidikan


Kompetisi sepak bola pelajar tingkat sekolah menengah pertama (SMP), Gala Siswa Indonesia (GSI) tahun 2019 telah selesai digelar. Jawa Tengah meraih juara dalam kompetisi GSI tahun ini. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berharap dari ajang GSI ini akan lahir talenta-talenta muda pesepak bola masa depan Indonesia. Saya berharap dari sini akan lahir kelak pemain-pemain yang hebat yang akan menjadi kebanggaan bangsa Indonesia. Saya berharap dari peserta GSI ini akan bisa dilacak, dideteksi talenta-talenta unggul di dunia persepakbolaan Indonesia. Dengan begitu kita harap dari 286 juta penduduk Indonesia, akan ada paling tidak 11 pemain Indonesia yang bisa berbicara di ajang persepakbolaan dunia.

Pemain sepak bola masa depan Indonesia akan lahir dari kompetisi berjenjang sejak usia dini. GSI merupakan kompetisi sepak bola berjenjang, yang dimulai dari tingkat kecamatan, kabupaten dan kota, provinsi, hingga pertandingan final antarprovinsi. GSI merupakan kerja sama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Tahun ini GSI merupakan penyelenggaraan yang kedua, setelah GSI pertama dilaksanakan tahun 2018 yang lalu. Tahun 2019 ini kita kembali menyelenggarakan Gala Siswa Indonesia, kejuaraan sepak bola tingkat SMP, yang kedua kalinya, setelah tahun lalu kita berhasil melaksanakan. Penyelenggaraan GSI memiliki landasan hukum yang sangat kuat yaitu berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2019.

Tahun ini tim Provinsi Jawa Tengah sebagai juara akan dikirim untuk berlatih ke Jepang. Tahun lalu juara GSI yaitu tim Provinsi Jawa Timur dikirim berlatih ke kompleks pelatihan klub Juventus Italia di Kota Turin Italia. Mendikbud berharap kesempatan berlatih di negara-negara yang telah maju persepakbolaannya dimanfaatkan benar-benar oleh setiap siswa.

Pesan Mendikbud " Seperti tahun lalu, akan saya minta yang nanti menjadi juara untuk mendapatkan kesempatan berlatih ke luar negeri, mengikuti pelatihan di beberapa klub sepak bola yang terkenal baik di Asia maupun di Eropa. Mudah-mudahan nanti bisa berjalan dengan baik. Karena itu, kalau ingin Anda semua berangkat keluar negeri untuk mengikuti pelatihan khususnya di klub-klub terkenal, jadilah juara pada kesempatan kali ini".

Oleh: Josua M
(Dikutip dari kemdikbud.go.id)