Memperingati HARDIKNAS, Siswa Indonesia Harus Berkualitas dalam Pendidikan

2 Mei 2014 Berita Pendidikan


Hampir setiap sekolah di Indonesia mengadakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (HARDIKNAS) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei. Setiap tahun berbagai instansi, termasuk Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pun menggelar upacara bendera sebagai penanda peringatan Hardiknas.

Klasik, ya. Tapi, selain mengikuti upacara bendera, sebenarnya apa sih makna dari Hardiknas bagi para pelajar? Mau dibawa ke mana pendidikan Indonesia kedepannya?

Beberapa siswa SMK Bhakti Nusantara 666, Cileunyi, Bandung menyuarakan opininya. Intan Nurjanah misalnya, melihat Hardiknas sebagai momentum bagi Indonesia mengedepankan pendidikan anak-anak Indonesia.

"Agar pelajar yang ada di seluruh Indonesia memiliki wawasan yang tinggi," ujar Intan. Siswi kelas X jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) mengimbukan, Hardiknas juga seharusnya menjadi waktu yang tepat untuk melihat perkembangan teknologi Indonesia. Sebab, bila dibandingkan dengan negara lain, Indonesia masih ketinggalan.

"Padahal sekarang sudah memasuki zaman globalisasi," tuturnya. Sementara itu, siswa SMA Bhakti Nusantara 666 Cileunyi, Bandung, lainnya, Mukti Alimin mengatakan, dia akan mengikuti upacara bendera dan berbagai kegiatan peringatan Hardiknas lainnya.

"Ikut acara pentas seni (Pensi) Hardiknas yang menampilkan berbagai macam pertunjukan, misalnya kabaret," ucap siswa jurusan RPL itu.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari Okezone.com)