Melestarikan Seni, Kemendikbud Canangkan Program Seniman Masuk Sekolah

16 April 2016 Berita Pendidikan


Guna mengembangkan pendidikan seni kepada siswa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berencana mengundang para seniman untuk mengajar di sekolah dengan program ‘Seniman Masuk Sekolah’

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengatakan jumlah guru kesenian di Indonesia masih sedikit. Padahal, tambah Anies, pendidikan kesenian menjadi wahana membangun budi dan rasa. Pendidikan seni dan keseimbangan antara akal dan budi diharapkan dapat menghasilkan generasi muda yang kreatif.

Untuk itu, ia dan pihaknya mencanangkan program ‘Seniman Masuk Sekolah’. Dalam program ini, para seniman akan mengajar di sekolah dan di kesempatan lain anak-anak akan belajar di rumah para seniman. Hal ini juga bertujuamengajak guru-guru agar mengajar dengan teknik lebih baik dan baru.

Menurut Kasubdit Program Evaluasi dan Dokumentasi, Direktorat Kesenian dan Perfilman, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kemendikbud, Kuat Prihatin, program ini direncanakan akan dilakukan di 20 provinsi. Kemendikbud juga berupaya menyediakan 100 seniman di setiap provinsi untuk mengajar kesenian pada kegiatan ekskurikuler di sekolah.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)