Mayoritas Pelajar di Papua Mengalami Penurunan Minat Baca

23 Februari 2016 Berita Pendidikan


Minat baca kalangan pelajar di daerah timur Indonesia, Kota Jayapura di Papua mengalami penurunan. Tidak tanggung-tanggung, minat baca pelajar di Papua merambah ke semua jenjang mulai dari SD, SMP, SMA hingga SMK. Hal ini dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Jayapura, Papua, I Wayan Mudiyasah.

Hal ini menurut Wayan disebabkan oleh berbagai macam faktor penyebab minat baca yang rendah di antaranya kurang perhatian orang tua dan pengaruh lingkungan.

Tidak hanya itu, menurut Wayan, teknologi yang semakin canggih juga turut andil dalam hal memengaruhi minat baca para murid-murid di Papua.Kini banyak peserta didik lebih memilih lari ke internet untuk mencari permainan-permainan atau game online dibandingkan mencari sumber-sumber referensi untuk dibaca.

Kondisi yang sungguh disayangkan ini harus dirubah karena hal ini tentu membawa dampak negatif dan tentu dapat menurunkan prestasi siswa serta meluasnya kasus-kasus buruk seperti peningkatan kasus kriminalitas di kalangan pelajar dan, pengedaran narkoba.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)