Masyarakat Perkotaan Lebih Kebal Penyakit

28 September 2010 Berita Pendidikan


Hidup dan beraktivitas di wilayah perkotaan ternyata memiliki keuntungan tersendiri. Masyarakat kota lebih resisten terhadap serangan penyakit.

Para ahli menemukan bahwa gen orang yang hidup di wilayah perkotaan cenderung lebih bervariasi sehingga mereka pun lebih kebal terhadap serangan virus penyakit sepeti tuberkulosis (Tb) dan kusta. Para ahli menganalisis sampel DNA dari berbagai negara di Benua Eropa, Asia, dan Afrika lalu membandingkan tingkat kerentanan genetis mereka terhadap penyakit.

Sanitasi yang buruk dan kepadatan penduduk menyediakan lahan yang potensial bagi perkembangan penyakit di darah pada selama beberapa generasi. Hal itu pun membuat gen yang resistan terhadap penyakit menurun dan menyebar di populasi yang ramai.

Ian Barnes dari Sekolah Ilmu biologi di Universitas Royal Holloway, London, yang menyelenggarakan penelitian ini mengemukakan, "Ini merupakan bentuk lain dari evolusi pada manusia. Ini juga menjelaskan mengapa resistansi manusia berbeda-beda di seluruh dunia."

Para ahli pun menemukan bahwa penduduk pada wilayah yang sejak lampau atau dahulunya merupakan daerah perkotaan memiliki DNA yang lebih beragam sehingga mereka memiliki resistansi lebih terhadap virus penyakit. (Pri/OL-06)

Sumber: mediaindonesia.com