Masuk SMA Kawasan, Para Siswa Menyiapkan Diri untuk Ujian TPA

18 Juni 2016 Berita Pendidikan


Disdik Pendidikan (Disdik) Surabaya Ikhsan mengatakan pihaknya telah menurunkan "passing grade" nilai rata - rata ujian nasional (UN). Sebelumnya, passing grade yang ditentukan 85 dan sekarang dirubah menjadi 75. Tujuannya untuk memberikan kesempatan seluas - luasnya kepada peserta didik.

Iksan mengatakan ada 7.554 siswa yang nilainya memenuhi passing grade. Sedangkan kuota untuk sekolah kawasan yakni 4.256 siswa. Selain itu, Disdik juga merumus ulang persentase Tes Potensi Akademik (TPA) dan ujian sekolah, sebab formulasi tahun ini yakni 50 persen mengambil nilai UNBK, sisanya 50 persen dari TPA.

Ikhsan mengatakan ketetatan TPA yang ditetapkan disdik cukup tinggi yaitu 1: 2. Namun ia berharap orang tua dan anak benar - benar menyiapkan pilihan mereka, sebab ketetatan bisa berubah menjadi 1: 5.

Terkait persiapan masuk SMA kawasan, Tim psikolog Universitas Airlangga mengadakan pelatihan TPA. Tim menghibau siswa tidak perlu ikut latihan atau try out TPA. Sebab, TPA diambil berdasarkan kemampuan logika berpikir bukan berbasis ilmu pengetahuan.

"TPA ini murni logika belajar siswa, tidak perlu latihan soal menggunakan soal TPA PNS atau SBMPTN karena soalnya berbeda, ini murni tim penyusun soal membuat naskah yang tidak mengandung ilmu pengetahuan," jelasnya.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)