Masuk PTN Bakal Disubsidi

19 Desember 2013 Berita Pendidikan


Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar memberikan subsidi kepada para lulusan SMA/SMK yang akan melanjutkan studi ke perguruan tinggi negeri (PTN), di seluruh wilayah Indonesia.

Subsidi pendidikan ini juga diberikan kepada mereka yang diterima di perguruan tinggi di luar negeri. Pendidikan menjadi salah satu upaya yang dilakukan Pemkab untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

"Siapa pun siswa Karanganyar yang diterima di PTN di Indonesia dan luar negeri, Pemkab akan memberikan subsidi. Berapa subsidinya, itu bakal dihitung dan dilihat sampai mereka selesai studi," jelas Bupati Juliyatmono, selasa (17/12/2013).

Hanya saja, Juliatmono tak menyebutkan berapa besaran anggaran yang dipersiapkan untuk subsidi tersebut. Menurut Juliatmono, subsidi diberikan sebagai pendorong agar minat warga Karanganyar untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi semakin banyak.

Pasalnya, dari data yang ada, banyak pelajar Karanganyar yang berprestasi namun terkendala dana tidak mampu melanjutkan studi ke perguruan. Padahal, banyak yang diterima di PTN bahkan tanpa tes, namun karena terbentur biaya mereka memilih mundur. Sehingga banyak di antaranya yang akhirnya memutuskan untuk bekerja.

"Kasihan kalau ada yang seperti itu, karena terbentur biaya, makanya kami memberikan motivasi kepada mereka agar melanjutkan studi mereka sampai ke perguruan tinggi," ungkapnya.

Selain siap menyubsidi siswa berprestasi agar bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, sekolah gratis, akan terealisir mulai Januari 2014. Nantinya, dengan adanya pendidikan gratis itu, tidak akan ada lagi pungutan bagi sekolahan di luar ketentuan, karena semua sudah ditanggung pemerintah.

"Yang tidak ditanggung dari pendidikan gratis adalah biaya personal, seperti seragam, karena kondisi yang belum memungkinkan,

(Dikutip dari okezone.com)