Masih Banyak Sekolah di DKI Jakarta yang Belum Terakreditasi

20 Februari 2015 Berita Pendidikan


Di ibukota Jakarta terdapat banyak sekali sekolah-sekolah. Diantara sekian banyak sekolah yang berdiri ternyata masih banyak yang belum terakreditasi seperti disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan DKI, Ari Budhiman. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ari mengatakan bahwa hal ini disebabkan oleh sikap sekolah yang kurang proaktif.

Mengingat sudah dilakukannya sosialisasi yang dilakukan Pemprov melalui Dinas Pendidikan terhadap akreditasi sekolah yang dilakukan secara online, seharusnya sekolah sudah mengetahui. Hal tersebut juga berlaku bagi TK hingga SMA.

Menurut Ari, masalah kesiapan sekolah untuk diakreditasi inilah penyebabnya. Akibat dari sekolah yang belum terakreditasi ini, mereka harus menginduk pada sekolah yang sudah terakreditasi baik jika akan melakukan Ujian Nasional. Ari menambahkan, selain oleh Disdik, Badan Akreditasi Sekolah Pemprov DKI pun melakukan sosialisasi yang sama.

Peringatan pada sekolah-sekolah yang belum melakukan akreditasi telah dilakukan oleh Disdik dan bahkan ada sanksi menyangkut hal ini yaitu pencabutan izin operasional sekolah.

"Sebetulnya akreditasi merupakan kemauan sendiri sekolah. Untuk mencabut izin operasi pun tidak semudah yang dibayangkan. Siapa tahu, yang belum terakreditasi itu berproses menuju akreditasi yang baik," ujar Ari.

Menurut Ari, akreditasi pun berperan sebagai sarana pemasaran sekolah. Secara otomatis orang tua pasti tidak mau menyekolahkan anaknya di sekolah yang tidak terakreditasi.

Disdik tahun ini memiliki target mempertahankan jumlah sekolah terakreditasi A. Dan meningkatkan akreditasi sekolah yang ada di bawahnya.

Oleh: Faqih F
(Dikutip dari berbagai sumber)