Mari, Akomodasi Kelebihan Siswa!

9 Juni 2010 Berita Pendidikan


Salah satu terobosan dalam menerapkan Information and Communication Technology (ICT) di dunia pendidikan adalah menjadikan guru dapat efektif menerapkan metode Aptitude-Treatment-Interaction (ATI). ATI merupakan model pendekatan dalam pembelajaran, yang menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik dan kemampuan siswa dalam rangka mengoptimalkan hasil belajar.

Demikian diungkapkan Prof Fumihiko Shinohara, Kepala Departemen Ilmu Kependidikan Fakultas Pendidikan Universitas Tokyo Gakugei, Jepang, di hadapan para mahasiswa seminar di Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Kebangkitan Nasional - Sampoerna School of Education (SSE) kemarin, Senin (7/6/2010). Pelatihan ini tak hanya diberikan kepada 90 mahasiswa SSE, namun juga menjadi ajang menimba ilmu bagi puluhan guru dari berbagai sekolah yang tertarik mengembangkan pengetahuannya di bidang ICT.

Dalam presentasinya Shinohara menyampaikan, setiap siswa memiliki kegemaran, serta kelebihan di bidang yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, kata dia, pendekatan dalam belajar pun harus berbeda dan ICT-lah yang dapat mengakomodir kebutuhan ini.

"Sebutlah dalam pelajaran sejarah, misalnya. Dengan menggunakan multimedia, siswa dapat memilih dengan lebih leluasa subyek apapun yang ingin dipelajarinya terlebih dahulu, serta cara-cara siswa dalam menyampaikan berbagai ide yang juga bisa bervariasi, baik melalui video, lagu, blog, dan sebagainya. Hal ini terbukti lebih berhasil," ujar mantan konsultan senior the International Center of Teacher Education di East China Normal University, Shanghai China, ini.

sumber: kompas.com