Maraknya Ijazah Palsu dari PTS Buram

22 Mei 2015 Berita Pendidikan


Sedang banyak sekali kasus jual beli ijazah palsu yang terjadi di Indonesia. Ijazah palsu yang dikeluarkan oleh beberapa Perguruan Tinggi (PT) tersebut banyak beredar di masyarakat. Sang pembeli atau pemegang sertifikat pun tidak pernah terdaftar menjadi mahasiswa.

"Hal itu banyak terjadi pada PTS-PTS(Perguruan Tinggi Swasta) yang ‘buram’ di Indonesia," jelas Pengamat Pendidikan dari Universtas Paramadina, Andreas Tambah..

Menurutnya, salah satu penyebab utama ijazah palsu tersebut ialah berasal dari PTS yang tidak jelas, dimana PTS tersebut tidak jelas keberadaannya atau membuka kelas di lokasi yang jauh.

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), Muhammad Nasir juga menyampaikan, ijazah yang dikeluarkan sejumlah PT, memang diakui ada, tapi pemiliknya yang tidak benar atau ilegal.

"Sebab, Ijazah yang diterbitkan tersebut benar-benar asli, tapi si pemegang dokumen penting itu dinggap palsu," ujar Nasir.

Dia mengatakan, banyak orang mengaku sebagai lulusan sarjana (S-1) di sebuah PT, namun setelah ditelusuri ke lapangan, dan mereka tidak terdaptar mahasiswa. Maka dari itu, Kemenristek Dikti akan melakukan penertiban terhadap PT yang sering mengeluarkan atau "menjual" ijazah kepada orang yang memerlukan.

Selain itu, juga akan diberikan tegoran pada PT yang tidak mau mengindahkan peringatan tersebut, dan diambil tindakan tegas, sesuai peraturan pemerintah.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai suber)