Mantap! Ratusan Ribu Peserta SBMPTN Berhasil Lolos!

13 Juli 2015 Berita Pendidikan


Ada kabar gembira bagi para calon mahasiswa. Pasalnya ratusan ribu calon peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) berhasil lulus seleksi. Sebanyak 121.653 dari total 693.185 peserta berhasil lulus Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Tepatnya sejumlah 121.653 calon mahasiswa berhasil lolos dalam SBMPTN. Dari total jumlah tersebut sebanyak 45.878 orang diterima di prodi sosial hukum dan 26.056 lulus seleksi campuran prodi saintek dan soshum.

Menurut Ketua Panitia SBMPTN, Rochmat Wahab awalnya kuota awal yang disiapkan berjumlah 99 kursi. Namun ternyata pada saat mengumumkan kelulusan jumlah kuota membengkak menjadi sekitar 121 ribu kursi.

Lebih lanjut Rochmat mengatakan bahwa jumlah kuota bertambah besar karena adanya limpahan dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Daripada membiarkan kosong kuota yang ada maka mau tidak mau kuota dari SNMPTN dialokasikan untuk SBMPTN.

Tahun ini prodi yang diminati para calon mahasiswa tidak berbeda jauh dari tahun sebelumnya. Prodi favorit adalah saintek yang didominasi oleh informatika dan komputer. Sedangkan di sosial humanoria paling bayak prodi manajemen.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)