Mahasiswa UI Raih Peringkat 5 Dunia pada Kompetisi Robot Kapal Internasional!

21 Juli 2016 Berita Pendidikan


Mahasiswa UI yang tergabung dalam Autonomous Marine Vehicle Team Universitas Indonesia (AMV UI) berhasil meraih peringkat kelima dunia di 9th International Roboboat Competition di Virginia Beach, Amerika Serikat. Kompetisi ini dilaksanakan pada 4 - 10 Juli 2016 lalu.

AMV UI memperlombakan karya mereka berupa kapal tanpa awak yang diberi nama Makara-05 (drone permukaan laut) dan Makara-06 (drone bawah laut). Keunggulan kapal Makara-05 dan Makara-06 ada padamanuverability (kemampuan bermanuver), kecepatan kapal serta kemampuan merekam gambar, video serta deteksi bentuk di permukaan maupun bawah laut.

Dengan begitu, kapal tanpa awak ini dapat dimanfaatkan untuk pengganti pekerjaan manusia di permukaan maupun di bawah laut. Ketua AMV UI Zulfah Zikrina mengaku sempat mengalami kendala teknis pada saat robot performance, dimana jumlah satelit yang didapatkan di AS lebih sedikit dibandingkan saat di Indonesia. Untungnya masalah tersebut dapat teratasi dengan baik.

Pada kompetisi terdapat sejumlah penilaian, seperti static judging dan performance robot. Pada tahapanstatic judging, kemampuan akademis dan pemahaman teknikal yang mendalam menjadi penilaian utama. Peserta harus dapat mempresentasikannya di hadapan para juri yang berasal dari Naval Sea Systems Command (NAVSEA), Ocean Naval Research (ONR) dan organisasi naval lainnya.

Pada tahapan performance robot, para kontestan diminta untuk menunjukkan kemampuan kapal dalam menyelesaikan lima misi kompetisi. Ada navigasi, penghindaran rintangan, berlabuh otomatis, mendeteksi frekuensi bawah air dan meluncurkan kapal selam untuk merekam gambar bawah air.

International Roboboat Competition telah menyelenggarakan lomba kapal robot ke Sembilan kalinya pada tahun ini dan diikuti sejumlag negara seperti AS, Korea Selatan, dan India. Dengan prestasi yang diraih tim AMV UI ini membuktikan bahwa Indonesia tidak kalah dengan kampus - kampus terkemuka dalam ajang bergengsi ini.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)