Mahasiswa Indonesia Ikuti Kejuaran Catur dan Badminton Dunia

3 September 2010 Berita Pendidikan


JAKARTA - Mahasiswa Indonesia akan mengikuti kejuaran catur dan badminton tingkat dunia 2010. Mereka akan berpartisipasi pada 11th World University Chess Championship 2010 pada 4-12 September 2010 di Zurich, Swiss dan 11th World University Badminton Championship 2010 pada 6-12 September 2010 di Taipei.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional (Dirjen Dikti Kemdiknas) Djoko Santoso didampingi Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti Kemdiknas Hendarman melepas keberangkatan tim di Kemdiknas, Kamis (2/11).

Djoko mengatakan, pengiriman duta olah raga mahasiswa pada ajang dunia ini merupakan implementasi kegiatan Dikti dalam rangka menggalakkan olah raga. Para mahasiswa yang diberangkatkan dipilih dari berbagai universitas di Indonesia. "Cabang catur ditargetkan juara dan meningkatkan elo rating, sedangkan bulutangkis ditargetkan meraih tiga medali emas," katanya.

Djoko menyampaikan, juara pada kompetisi ini akan diberikan beasiswa. Sebagian universitas, kata dia, telah menyediakan beasiswa secara khusus bagi para atlet. "Ada banyak beasiswa yang bisa kita berikan," jelasnya.

Pecatur mahasiswa yang akan berlaga adalah Kadek Iin Dwijayanti (Universitas Udayana), Irine Kharisma Sukandar (Universitas Gunadarma), Baiq Vina Lestari (Universitas Gunadarma) Susanto Megaranto (Universitas Gunadarma), Pitra Andika (STMIK Mikroskill), Surya Wahyudi (STIE Indonesia), Tirta Chandra Purnama (STIE Indonesia), dan Evi Lindiawati (STIE Indonesia).

Adapun pebulutangkis mahasiswa yang akan berlaga adalah Tommy Sugiarto, Achmad Rivai, Bellaetrix Manuputty, Tike Arieda Ningrum, Fernando Kurniawan, Wiqfi Windarto, Jenna Gozali, Variella Aprilsasi Putri Lejarsari, Riky Widianto. Mereka adalah mahasiswa ABFII Perbanas.

Sumber: republika.co.id