Lulusan SMK Perkapalan Dikirim ke Jepang

26 Mei 2011 Berita Pendidikan


SIDOARJO - Sebanyak 10 siswa lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 3 Sidoarjo jurusan perkapalan dikirim ke Jepang, Rabu, 25 Mei 2011. Mereka akan menjalani magang kerja selama tiga tahun di sebuah perusahaan perkapalan. "Kesepuluh anak ini merupakan siswa berprestasi," kata Kepala Dinas Pendidikan Sidoarjo, Agoes Boedi Tjahjono.

Agoes optimistis mereka bisa bekerja secara maksimal dengan bekal ilmu yang diperolehnya selama di sekolah. Apalagi, mereka telah mengikuti perkembangan teknologi industri kapal dunia. Selain bekerja dengan upah besar, mereka juga memperoleh kesempatan belajar secara mendalam tentang teknik perkapalan di Jepang.

Apalagi, selama ini Jepang juga dikenal sebagai bangsa yang gemar melaut serta industri perkapalannya sangat maju. Kesepuluh siswa ini sebelumnya menjalani proses secara ketat. Sebelum bekerja, katanya, mereka akan dibekali bahasa Jepang hingga lancar berkomunikasi di Jepang.

Agoes berpesan kepada kesepuluh peserta magang agar menjaga nama baik bangsa dan negara. Mereka diminta mematuhi aturan perusahaan dan budaya di Jepang serta menghargai dan menghormati masyarakat Jepang. "Tunjukkan jika Indonesia ini berbudi luhur," kata Agoes.

Kepala SMKN 3 Sidoarjo, Asmunir, mengatakan setiap tahun lulusan terbaik dari sekolahnya menjalani proses magang kerja di Jepang. Mereka sebelumnya menjalani seleksi ketat dengan mengikuti tes akademik, tulis, fisik, dan tes kesehatan. "Mereka akan dikarantina selama empat bulan belajar bahasa Jepang," kata Asmunir.

Sumber: tempointeraktif.com