Berita Pendidikan
10 Desember 2009

Lulusan SMK Makin Dibutuhkan Dunia Kerja

WONOGIRI - Untuk melihat daya saing lulusan SMK dalam memasuki dunia kerja Dewan Pendidikan Wonogiri, Rabu (9/12), menggelar semiloka dengan tema "Perspektif lulusan SMK Wonogiri dalam memasuki dunia kerja". Acara tersebut dilaksanakan di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, diikuti para kepala sekolah menengah kejuruan dan anggota komisi IV DPRD setempat.

Ketua Dewan Pendidikan Drs Soepardjo MM dalam laporannya menyampaikan semiloka tersebut selain bertujuan untuk mendapatkan pemecahan agar para lulusan SMK dapat memasuki dunia kerja, juga membahas prospek pemasaran bagi produk- produk yang dibuat oleh para siswa SMK.

Salah satu pembicara Drs Arief Suryono SH MH dari Dewan Pendidikan Wonogiri menyampaikan tingkat keterserapan lulusan SMK Wonogiri di dunia kerja bervariasi, namun yang prosentasenya cukup besar antara lain pada jurusan sekretaris, teknik pemanfaatan tenaga listrik, administrasi perkantoran, tata busana, dan teknik komunikasi dan jaringan.

Untuk jurusan sekretaris prosentasenya dari tahun ke tahun mengalami peningkatan hingga mencapai 100 pada tahun ini. Sementara itu sejalan dengan kebutuhan IT yang semakin meningkat, baik di bidang pemerintahan maupun dunia usaha, maka kebutuhan lulusan teknik komunikasi dan jaringan juga makin meningkat.

Tercatat pada tahun 2007 lulusan yang terserap sebanyak 56,66, 60,86, pada tahun 2008, dan 72,97 pada tahun 2009. Lulusan teknik pemanfaatan tenaga listrik terserap cukup besar pada tahun lalu mencapai 83,33 namun turun menjadi 72,72 pada tahun ini.

Kemitraan
Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja, Sri Wiyoso, mengatakan, perlunya jejaring kemitraan dengan dunia usaha untuk menjawab kebutuhan lulusan SMK baik dalam hal kesempatan kerja maupun prospek usaha.

Menurut Sri Wiyoso, kemitraan dapat dilaksanakan dalam berbagai pola antara lain dalam bidang permodalan, teknologi usaha, peralatan maupun pemasaran.

Untuk menjawab persoalan yang sama, pemerintah sebagaimana disampaikan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wonogiri, Drs H Suparno MPd telah melaksanakan berbagai program pembinaan SMK yang berorientasi pada perluasan dan pemerataan akses SMK, meningkatkan mutu, relevansi dan daya saing dengan pengembangan RSBI, SBI, Pra SSN, revitalisasi peralatan, maupun pengadaan sarpras pembelajaran, serta meningkatkan manajemen SMK dengan menerapkan prinsip good governance yang mengacu pada ISO 9001: 2000 dan sertifikat ISO 900: 2008. Pm-ipSumber: wawasandigital.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris