Lulusan Sekolah Kejuruan Berpeluang Besar

7 September 2009 Berita Pendidikan


Jumhur mengatakan hal tersebut saat berdialog dengan para siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Serang, Banten, pekan lalu. Menurut Jumhur, alumni sekolah kejuruan mempunyai kesempatan bekerja di mancanegara pada sektor kesehatan, teknik, manufaktur, perhotelan dan pariwisata, industri dan sektor lain.

Peluang itu, kata Jumhur, harus disiapkan sedini mungkin, termasuk kemampuan berbahasa asing untuk masuk ke pasar global. Menurutnya, sekolah kejuruan diselenggarakan untuk mengisi pasar kerja baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

Dia juga meyakinkan para siswa, bahwa dengan bekerja di sektor formal, selain mendapat gaji yang besar, perlindungannya juga prima. Tidak ada satupun TKI yang bekerja seperti perawat di luar negeri yang mengadu ke perwakilan Indonesia di negara penempatan, katanya, memberi contoh.
Dia menambahkan, terdapat 300 jenis pekerjaan di luar negeri yang terbuka untuk ribuan TKI. Kalian akan bekerja di sektor formal dan bukan bekerja seperti Siti Hajar yang dianiaya majikan karena bekerja sebagai pembantu rumah tangga, tambahnya.

sumber: dutamasyarakat.com