Luangkan Lebih Banyak Waktu dengan Anak Anda... Begini Caranya

14 Juli 2011 Berita Pendidikan


Tentu Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan anak-anak Anda. Tetapi, urusan pekerjaan, kesibukan rumah tangga, belanja, hingga kemacetan membuat 'impian' itu kerap gagal terwujud.

Untuk membuat sebagian besar waktu yang sedikit yang Anda miliki untuk menciptakan hubungan yang berkualitas dengan anak Anda, ikuti tips berikut ini. Oh iya, tips ini diadaptasi diadaptasi dari buku Diana Loomans, What All Children Want Their Parents to Know: 12 Keys to Raising a Happy Child (New World Library, 2005).

1. 'Pesan' lah waktunya sedari sekarang

Sisihkan satu hari dalam sebulan pada kalender Anda untuk menghabiskannya dengan anak Anda. Buat blok waktu sama pentingnya dengan janji lainnya - tidak akan berubah kecuali ada keadaan darurat. Anak-anakpun akan bangga menemukan ada blok khusus di kalender orang tuanya bagi dirinya dan menyadari betapa pentingnya waktu khusus ini bagi orang tuanya.

2. Berlatihlah menjadi 'master' bersenang-senang

Setiap anak di atas usia satu mengakui gejala sindrom 'setengah mendengarkan' orang tuanya. Tandanya? Jika Anda terlalu banyak mengucapkan "Hmm," "Tidak sekarang" atau "Tidak bisakah kau melihat Mommy (atau Ayah) sibuk?" ketika sang anak mencoba mengajak Anda mengobrol. Luangkan waktu untuk bersenang-senang dengan anak Anda dan memberikan perhatian penuh Anda, bahkan jika itu hanya untuk beberapa menit pada hari-hari tersibuk Anda.

3. Mengubah dari waktu ke waktu dari kualitas ke kuantitas

Kita kerap berdalih: yang penting kualitas, bukan kuantitas, jika digugat soal kebersamaan bersama anak kita. Sebaiknya, carilah cara agar sebanyak mungkin waktu dilalui untuk membuat saat-saat menyenangkan dan bermakna dengan anak Anda. Ingatlah, mendengarkannya bercelotek, tertawa dan bergurai bersama, atau bahkan sekadar membacakan sebuah cerita baginya, sangatlah berarti bagi kualitas hubungan Anda dan anak Anda. Cobalah.

Sumber: canadian living, republika.co.id
Tags