Berita Pendidikan
23 Juli 2010

Lomba Sekolah Sehat Tonjolkan Fungsi UKS

Sebagai ajang penilaian terhadap kinerja sekolah dalam menjaga lingkungan sekolah tetap sehat, Lomba Sekolah Sehat Tingkat Nasional kali ini lebih menitikberatkan penilaian pada fungsi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). DKI Jakarta Sendiri diwakili oleh empat sekolah pada ajang bergengsi itu meliputi, TK Bhakti Mulia 400 Jakarta Selatan, SDN 12 Jakarta Pusat, SMPN 30 Jakarta Utara, dan SMAN 71 Jakarta Timur.

Ketua Tim Penilai Lomba Sekolah Sehat, Abdul Syukur Majid, mengatakan dalam lomba Sekolah Sehat ini panitia akan menilai beberapa kriteria yang berkaitan dengan UKS, seperti ruang UKS, program kesehatan, pendidikan kesehatan, serta layanan kesehatan di sekolah. Karena UKS bukan hanya ruangan untuk sekadar menyimpan anak yang sakit, tetapi juga hedaknya multifungsi.

"Selain untuk tempat orang sakit, UKS juga seharusnya menjadi sarana pembelajaran tentang pendidikan kesehatan," jelas Syukur, saat melakukan penilaian di TK Bhakti Mulia 400, Jl Gedung Pinang II, Kebayoranlama, Jakarta Selatan, Rabu (21/7).

Ia menambahkan selain DKI Jakarta juga terdapat 25 provinsi lain yang juga mengikuti lomba serupa. Di Jakarta sendiri merupakan penilaian yang terakhir, bersamaan dengan provinsi Kalimantan Selatan dan Bali. "Sejak Lomba Sekolah Sehat ini diadakan, DKI Jakarta selalu masuk dalam peringkat enam besar, ujarnya.

Nantinya setiap jenjang pendidikan akan dipilih enam sekolah yang masuk kategori sekolah sehat. Diadakannya Lomba Sekolah Sehat ini, agar program UKS bisa diimplementasikan di semua sekolah dan tidak hanya sekadar menjadi slogan. Minimal peserta didik dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat di dalam kehidupan sehari-hari. Selama ini, Lomba Sekolah Sehat selalu didominasi oleh provinsi yang berada di pulau Jawa, seperti DKI, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Namun pada kurun waktu 3 tahun belakangan ini provinsi-provinsi yang ada di luar pulau Jawa juga sudah mulai meningkatkan prestasinya. "Kalimantan Timur dan Sumatera Barat sudah mulai bergerak dan meningkatkan prestasinya. Mereka berupaya keras agar UKS ini bisa diprioritaskan di provinsinya masing-masing," ucapnya.

Wakil Walikota Jakarta Selatan, Anas Effendi, menuturkan dengan adanya Lomba Sekolah Sehat dapat meningkatkan perilaku hidup sehat khususnya pada anak usia dini. Ia optimis TK Bhakti Mulia 400 dapat meraih juara pada lomba ini. "Dengan kegiatan seperti ini, masyarakat dapat meningkatkan derajat kesehatan dan ketahanan belajar yang optimal," tandasnya.

Sumber: beritajakarta.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris