Lomba Kanji Masih Disukai Pelajar

27 Desember 2013 Berita Pendidikan


Pusat Penelitian Jepang Universitas Nasional (PPJ UNAS) tahun ini kembali menggelar Kontes Kanji. Kompetisi yang digelar untuk keenam kali ini bukan semata mencari prestasi, tetapi juga ajang evaluasi penguasaan kanji di kalangan para siswa dan mahasiswa.

Pada Kontes Kanji yang digelar Minggu (8/12/2013) itu, sebanyak 30 sekolah dengan jumlah 215 siswa berpartisipasi sebagai peserta. Adapun sekolah tersebut antara lain SMKN 8 Jakarta, SMAK 1 BPK Penabur, SMAK 7 BPK Penabur, SMA 5 Bogor, SMKN 15, MAN Pembangunan, SMAN 37, SMKN 18 Jakarta, SMAN 13, STM Wiyata Kharisma Cibinong, SMKN 57,MAN 11 Jakarta, SMA 1 Garut, SMA Sejahtera 1 Depok, serta sekolah-sekolah lainnya yang ikut berpartisipasi.

Tidak hanya pelajar SMA/SMK. Kontes tahun ini juga melibatkan 167 mahasiswa dari sembilan Universitas di berbagai daerah se-Jabodetabek, seperti Universitas Indonesia, Universitas Al-Azhar, STBA LIA, STBA JIA, UHAMKA, UNSADA, UNJ, dan tentu saja Universitas Nasional. Total seluruh peserta ada 382.

"Dibanding tahun lalu, pesertanya mengalami peningkatan dari jumlah sekolah yang ikut berpartisipasi," ungkap Ketua Pelaksana Ucu Fadhilah kepada Kompas.com di Jakarta, Selasa (10/12/2013).

Selain dari wilayah Jabodetabek, salah satu peserta kontes kanji tahun ini juga berasal dari daerah Garut, yakni SMAN 1 Garut. Ucu mengatakan, hal tersebut membuktikan bahwa kontes ini mendapatkan perhatian besar yang bukan hanya di dalam wilayah Jabodetabek, tapi juga di luar daerah sekitarnya.

Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yusuke Shindo, mengaku senang melihat semangat para generasi muda Indonesia dalam berbahasa Jepang, terutama dalam membaca huruf Kanji. Pasalnya, menurut Shindo, mempelajari Kanji sendiri merupakan hal yang sulit bagi warga Jepang.

"Saya memberikan penghargaan luar biasa kepada peserta yang mau mempelajari dan memahami Kanji Jepang. Selain itu, memahami bahasa dan budaya Jepang dapat menjadi sebuah jembatan bagi hubungan kedua negara, yakni Indonesia dan Jepang," kata Shindo.

Pada kompetisi yang digelar bekerjasama dengan PT. Mandom Indonesia Tbk ini, juara untuk kategori SMA/sederajat diraih oleh Achman Mulyadi Zaelani dari SMAN 5 Bogor, disusul juara kedua dari SMKN 8 Jakarta, Feny Octaviany, dan juara ketiga dari SMA Sejahtera 1 Depok, Ita Ariyani. Sementara pemenang pertama untuk kategori mahasiswa diraih Fathy Lingga dari Universitas Darma Persada, disusul oleh Dini Nurmarina dari Universitas Nasional, dan Benedicta dari Universitas Indonesia sebagai juara ketiga.

(Dikutip dari kompas.com)