Berita Pendidikan
26 Oktober 2009

LIPI Gelar Presentasi Lomba Karya Ilmiah Pelajar

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menggelar presentasi Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) bagi 13 finalis yang duduk di bangku sekolah menengah, berusia 12-19 tahun, di Jakarta, Senin (26/10).

"LKIR sudah diselenggarakan sejak 1969 dan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan budaya penelitian di kalangan remaja guna meningkatkan kesadaran dan kemandirian remaja agar lebih peka terhadap Iptek," ujar Kepala LIPI, Umar Anggara Jenie.

Ia mengatakan, dengan penelitian diharapkan generasi muda Indonesia mampu berperan aktif dalam berinovasi dan kemudian akan meningkatkan daya saing bangsa di dunia.

Topik penelitian, lanjut dia, terutama yang terkait dengan bidang kesehatan, pertanian, pangan, yang memanfaatkan sumber daya alam lokal atau masalah sosial budaya yang berimbas secara signifikan dalam kehidupan masyarakat.

Menurut Kepala Biro Kerja sama dan Pemasyarakatan Iptek, Dr Deddy Setiapermana, pada LKIR kali ini Intel Indonesia Corporation turut berpartisipasi dengan akan mengirimkan pemenang LKIR LIPI ke program tahunan Intel International Science and Engineering Fair (ISEF) 2010 di San Jose, AS.

Indonesia akan mengirimkan untuk pertama kali wakilnya ke ISEF untuk berkompetisi dengan 51 negara memperebutkan beasiswa senilai 4 juta dolar AS bagi para pelajar pra-universitas, kata Corporate Affairs Director Intel Indonesia, Imelda Adisaputra.

Para finalis akan mempresentasikan karya tulisnya di depan para juri yang dibagi dalam tiga kategori yakni di bidang pengetahuan sosial, alam dan teknik.

Lima finalis di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, yakni Nada Hamid Baraja dan Namira Nurmalatya dari SMP Al Hikmah Full Day School, Surabaya-Jawa Timur dengan judul karya "Mengungkap Kejanggalan Pemberitaan Media Massa Tentang Desa Pragaan Daya Sebagai Desa Pengemis".

Finalis berikutnya Cholida Firdaus Muhandasa (SMAN 9 Bogor) dan Cholila Djavad Nammah (SMAN 5 Bogor), Kota Bogor dengan karya: "Tingkat Pengenalan Pelajar Kota Bogor terhadap Toponimi Indonesia". (Bm/At)

Sumber: Berita8.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris