Lewat UKM, Anak Didik Belajar Nilai Kewirausahaan

20 November 2009 Berita Pendidikan


SALATIGA, KOMPAS.com - Usaha kecil dan menengah ternyata bisa menjadi media pembelajaran yang efektif bagi anak. Selain menanamkan budaya serta keterampilan, melalui media pendidikan ini anak juga bisa mengenal produk di sekitar mereka guna menanamkan cinta produk lokal sejak dini.

"Melalui UKM kerajinan, anak-anak usia Sekolah Dasar, Taman Kanak-kanak, atau bahkan tingkat pendidikan anak usia dini (PAUD) juga bisa belajar nilai kewirausahaan atau entrepreneurship," kata Ketua The Save Lead Salatiga Eka Prastama, penyelenggara Pesta Anak Salatiga, Kamis (19/11).

Menurutnya, UKM sebagai media pembelajaran memberi kesempatan kepada anak untuk sejak dini mengenal produk lokal yang kerap kali tak diketahui, meski berada di dekat mereka. Selain itu, anak-anak juga bisa mengetahui cara membuat kerajinan, serta dalam tahap paling awal, mengetahui upaya penggiat UKM untuk bisa eksis.

Pelibatan UKM itu mulai dicoba dalam Pesta Anak Salatiga, yang diklaim melibatkan 1.000 siswa TK, SD, dan PAUD selama penyelenggaraan yang berlangsung hingga Sabtu (21/11). Pada hari pertama, pengunjung bisa menyaksikan stan kerajinan lokal, sedangkan pada Jumat dan Sabtu, anak-anak yang sudah mendaftar dilatih membuat keterampilan dengan dibimbing pelaku usaha mebel tempurung kelapa, batik, serta pembuat sandal dari limbah.

Editor: latief

Sumber: Kompas Cetak(kompas.com)