Berita Pendidikan
1 September 2009

Laptop dari Dana BOS Tidak Bisa Dipergunakan

Penolakan itu disebabkan harga yang cukup berbeda dengan yang ada di pasaran. Laptop yang dijual Dispendik seharga Rp 10,5 juta. Sementara harga di pasaran sebuah setara dengan yang dijual dispendik harganya tidak lebih dari Rp 5,23 juta rupiah. Apalagi didalam laptop tersebut hanya ada tambahan software pengelolaan dana BOS saja.

Menurut Kepala Skolah SMPN 7 Jember, sebenarnya untuk mendapatkan software pengelolaan dana BOS tidak perlu membeli laptop, cukup beli saftwarenya saja. Sebaiknya sekolah membeli software BOS saja, karena hampir semua sekolah sudah mempunyai computer, ujarnya.

Disinyalir, pengadaan itu diproyekkan dengan harga lebih dari mahal dari harga pasar hanya dengan alsan adanya software untuk membuat laporan dana BOS. Dipasaran harga laptop sejenis hanya sekitar Rp 6 jutaan, namun dengan alas an ada softarenya, diwajibkan membeli seharga Rp 10,5 juta, imbuhnya. Bisa jadi indikasi pembelian laptop itu, diproyekkan, karena untuk penyalurannya dilakukan oleh CV Tri Putra Wicaksana.
Bisa dibayangkan, berapa dana BOS yang harus dialirkan jika lembaga SD dan SMP penerima BOS di Jember sebanyak 1.282. Berarti Dispendik bakal membeli laptop sebanyak 1.282 buah dan wajib dibeli oleh masing-masing KS dengan menggunakan dana BOS.

Saiful sendiri terlanjur membeli laptop dari dana bantuan operasional sekolah (BOS). Sayangnya, menurut Saiful, mahalnya harga laptop yang mencapai Rp 10,5 juta tidak sebanding dengan spesifikasinya. Padahal setelah diperbandingkan dengan harga pasaran, laptop Acer Extensa 4630z tidak lebih dari Rp 5,8 juta. Berarti harga software system pelaporan keuangan BOS dihargai senilai Rp 4,7 juta saja.

Walaupun telah telah terlanjur beli Laptop made in Dispendik Jember, Laptop tersebut belum bias dipergunakan. Pasalnya, dalam pengoperasian software BOS itu menggunakan password, dan password tersebut belum diberikan kepada pembeli laptop.
Saya beli, tapi tidak bisa digunakan, ada passwordnya, inikan aneh, ungkapnya.

sumber: kabarindonesia.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris