Lapor Segala Bentuk Kekerasan Lingkungan Sekolah di Nomor Telepon Berikut Ini!

15 Juli 2016 Berita Pendidikan


Mengingat maraknya kasus aksi kekerasan di lingkungan sekolah atau tindak bullying oleh senior terhadap juniornya, kini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia resmi meluncurkan nomor telepon pengaduan bagi masyarakat untuk melaporkan segala bentuk kekerasan di lingkungan sekolah.

Pemberian nomor telepon pengaduan ini bertujuan untuk mewadahi para siswa dan juga orangtua akan tindak kekerasan di sekolah. Jadi, siswa maupun orangtua kini bisa langsung menghubungi kemdikbud dan akan segera diselidiki.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan dalam sebuah konferensi pers di kantor Kemdikbud di Jakarta turut mengecam segala macam tindak kekerasan atau bullying terhadap siswa. Menurutnya, bullying sudah tidak relevan dengan dunia pendidikan di Indonesia karena dianggap sebagai warisan dari jaman kolonialisme.

Selain itu, Anies juga turut mengimbau bagi pihak yang menjadi korban kekerasan di sekolah untuk tidak perlu takut untuk melapor kepada orang tua atau guru. Begitu pula bagi pihak yang menyaksikan tindak kekerasan.

Nantinya, akan ada sanksi tegas mulai dari teguran administratif hingga pemberhentian jabatan jika ada pihak sekolah yang tidak mau menyelesaikan masalah kekerasan di lingkungannya.

Nah, berikut merupakan nomor pengaduan resmi tindak kekerasan di sekolah.

Telepon atau SMS: 0811-976-929

Anda juga bisa melakukan pengaduan melalui website di sekolahaman.kemdikbud.go.id.

Kedua alamat pengaduan tersebut akan tertera dalam spanduk pemberitahuan yang wajib dipasang di lingkungan sekolah.

Oleh: Faqih F

(Dikutip dari berbagai sumber)