Lagi, Pelaksanaan UN Diadukan ke KPAI

29 April 2011 Berita Pendidikan


JAKARTA, KOMPAS.com Koalisi Bersama (Kobar) 2 Mei yang terdiri dari berbagai aliansi organisasi pendidikan, antara lain Education Forum, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, dan Lembaga Bantuan Hukum Jakarta, mengadukan sikap pemerintah yang bersikeras menggelar Ujian Nasional 2011 kepada Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) di Jakarta, Kamis (28/4/2011). Pelaksanaan UN dinilai sarat pelanggaran hak-hak anak karena banyak stres dan tertekan dalam proses belajar.

Perwakilan pemerhati pendidikan tersebut diterima Apong Herlina, komisioner KPAI. Kobar 2 Mei meminta KPAI bisa memberikan masukan dan menegur pemerintah yang mengabaikan putusan pengadilan negeri hingga Komisi Nasional HAM yang meminta supaya UN ditinjau ulang atau dievaluasi hingga berbagai kesenjangan pendidikan, mulai dari mutu guru sampai sarana-prasarana pendidikan di seluruh Indonesia, teratasi.

Suparman, Koordinator Education Forum, mengatakan, pelaksanan UN hingga sekarang tetap jadi momok menakutkan bagi anak. Mereka tetap menjadi korban adanya kecurangan, stres, dan lain-lain.

"Lewat KPAI kami harap supaya pemerintah melindungi hak-hak anak," kata Suparman.

Kobar 2 Mei menyerahkan pengaduan secara resmi tersebut kepada KPAI. Selain itu, bukti-bukti pengaduan soal pelaksanaan UN 2011 lewat posko yang dibuka Ikatan Pelajar Muhammadiyah juga disertakan untuk memperkuat aduan itu.

Sumber: kompas.com