Berita Pendidikan
8 Maret 2010

Kurikulum: SD Al Azhar Terapkan Peikem

SD Al Azhar 2 menerapkan sistem pembelajaran efektif, efisien, dan menyenangkan (peikem). Salah satunya dengan mengajak siswa belajar di luar kelas untuk beberapa mata pelajaran tertentu.
Kepala SDN 2 Al Azhar Sri Margiyati mengungkapkan hal itu di sela-sela manasik haji yang digelar di Islamic Center, Rajabasa, Sabtu (8-3). "Manasik haji ini merupakan salah satu penerapan program peikem," kata Margiyati.

Dia mengatakan dengan menggunakan sistem pembelajaran itu, kegiatan belajar tidak hanya berlangsung di dalam kelas. Siswa juga bisa belajar di luar kelas dan sumber ilmu tidak melulu dari guru, tapi bisa juga alam atau masyarakat sekitar. Untuk pelajaran IPA, misalnya, siswa diajak belajar di laboratorium dan mempelajari alam.

Menurut Margiyati, untuk pendidikan Agama Islam, dia mengajak siswa kelas VI untuk ikut manasik haji. Sebab, selama di dalam kelas siswa hanya mendapatkan pengetahuan haji secara teori. "Saya berharap dengan mengikuti manasik para siswa bisa lebih memahami dan mengerti bagaimana prosesi haji yang sebenarnya. Lebih jauh lagi, kami berharap setelah besar kelak mereka akan melaksanakan rukun Islam kelima tersebut," kata dia.

Manasik haji kemarin dilaksanakan seperti layaknya prosesi haji yang sesungguhnya. Bahkan, sejak dari sekolah, para siswa diminta naik angkutan kota sesuai kelompkok terbang (kloternya) masing-masing. Setibanya di Islamic Center, siswa juga tidak boleh terpisah dari kloternya. Usai melaksanakan semua prosesi haji mulai dari tawaf, sai, melempar jamrah, hingga tahalul dan tawaf wada atau perpisahan, setiap kelompok tidak boleh terpisah-pisah. Usai melaksanakan semua prosesi haji, siswa diajak istirahat sambil makan siang. Mereka kemudian kembali ke sekolah dan naik kendaraan sesuai dengan kloter masing-masing. (UNI/S-1)

Sumber: Lampungpost.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris