Berita Pendidikan
19 Maret 2010

Kuota Ujian Mandiri UNDIP Tetap

Tahun ini, Universitas Diponegoro (Undip) tak mengurangi atau menambah kuota mahasiswa melalui jalur penerimaan mandiri, yakni ujian mandiri Undip. Kuota tetap dalam penerimaan mahasiswa baru seperti tahun lalu, yakni lewat ujian mandiri, SNMPTN, dan program seleksi siswa berpotensi (PSSB).

Pembantu Rektor I Undip Ign Riwanto menyatakan kuota melalui jalur ujian mandiri 50, PSSB sekitar 20, dan SNMPTN 30. Kuota itu dapat berubah sesuai dengan pendaftar. Namun sampai saat ini Undip belum mengubah kuota penerimaan mahasiswa baru lewat berbagai jalur, termasuk ujian mandiri yang saat ini sudah masuk sekitar 10.000 pendaftar.

"Untuk program studi tertentu yang sepi peminat seperti pertanian, perikanan, dan peternakan tak dapat tercakup lewat satu jalur. Karena itu kami mengambil dari dua jalur masuk yang lain,katanya.

Unnes Mengurangi

Universitas Negeri Semarang (Unnes) tahun ini justru mengurangi kuota penerimaan mahasiswa dari jalur seleksi penerimaan mahasiswa Unnes (SPMU) yang merupakan jalur mandiri. Tahun lalu kuota penerimaan mahasiswa dari SPMU 70, tetapi tahun ini menjadi 60.

Rektor Unnes Sudijono Sastroatmodjo mengatakan, mengurangi kuota dari jalur SPMU karena akan menerima mahasiswa dari jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) Nusantara mulai tahun ini.
"Untuk SPMB Nusantara, kami sediakan kuota 10 hasil pengurangan dari kuota SPMU. Namun kuota mahasiswa jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) tetap 30,katanya.

Dia mengemukakan membuka SPMB Nusantara karena Unnes ingin memberikan kesempatan pada calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia tahun ini. SPMB Nusantara 2010 akan diikuti 12 perguruan tinggi negeri, seperti UI dan USU. Meski kuota penerimaan mahasiswa lewat SPMU dikurangi, pendaftar tahun ini justru lebih banyak, yakni 20.057 orang. "Tahun lalu sekitar 19.000 orang yang mendaftar,ujar dia.

Unnes pun tetap memberikan kesempatan pada calon mahasiswa yang memiliki prestasi baik, tetapi terkendala masalah ekonomi. Itu diatasi dengan penyediaan beasiswa untuk sekitar 2.000 mahasiswa.(J8-53)Sumber: Suaramerdeka.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris