Kunci dari Kualitas Pendidikan adalah Guru, Kurikulum, dan Infrastruktur yang Baik

12 Juli 2014 Berita Pendidikan


Mungkin banyak orang bertanya seperti apakah sekolah yang bagus itu? Hal-hal apa yang harus dimiliki oleh suatu sekolah jika ingin dikatakan bagus? Menurut Moh.Nuh, Mendikbud ada tiga hal yang diperlukan untuk mendapatkan sekolah yang bagus yaitu dengan mendapatkan kualitas pendidikan yang baik dan bagus dari guru, kurikulum yang bagus dan fasilitas atau infrastruktur yang baik. Dari ketiga hal tersebut yang paling penting adalah guru dan kurikulum.

Lebih lanjut Mendikbud mengatakan untuk meningkatkan kualitas guru maka guru hendaknya diajarkan materi yang akan guru ajarkan kepada peserta didik. Kurikulum pengajaran harus mencakup standar kompetensi kelulusan, standar isi, standar proses dan standar evaluasi. Harapan dari pendidikan, ujarnya adalah memiliki standar kompetensi lulusan peserta didik dengan keutuhan standar kompetensi.

Kompetensi tersebut terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan, keterampilan yang menjadi satu kesatuan. "Kita ingin anak-anak kita bukan sekedar memiliki sikap yang bagus, tetapi pengetahuan dan keterampilannya juga menjadi satu kesatuan, dan ini menjadi esensi dari Kurikulum 2013," ujar Mendikbud. Objek yang dipelajari dalam kurikulum 2013 adalah fenomena alam, sosial, serta seni dan budaya.

"Oleh karena itu kami berikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah daerah yang menghidupkan seni dan budaya," kata mantan Rektor Institut Teknologi Sepuluh November itu. Mendikbud mengatakan dalam kurikulum 2013 juga menggabungkan etika, logika, dan estetika menjadi satu kesatuan utuh. Sehingga yang membedakan antara kurikulum 2013 dengan kurikulum sebelumnya adalah dalam proses pembelajaran. Peserta didik diajarkan dan dibiasakan untuk observasi, bertanya, bernalar, bereksperimen, dan berkomunikasi. "Dalam kurikulum 2013, kita ingin mengajarkan kepada anak-anak kita sejak kecil kalau kita semua adalah bersaudara dalam keberagaman.

Mendikbud berharap bahwa persiapan kurikulum 2013 dapat berjalan dengan baik sehingga terlaksana sesuai rencana.

Oleh: Indra K
(Dikutip dari kemendikbud.go.id)