Kualitas Madrasah Masih Memprihatinkan

8 Februari 2012 Berita Pendidikan


JAKARTA - Kualitas madrasah secara umum memang masih memprihatinkan. Itu sebabnya, program akreditasi madrasah yang dilakukan Kementerian Agama perlu didukung, agar tidak berhenti sekedar akreditasi, namun harus dilanjutkan dengan kepedulian pada pengembangan madrasah.

"Kualitas madrasah harus selalu ditingkatkan, agar mutu, relevansi, dan daya saing madrasah semakin meningkat dari tahun-ketahun. Selama ini ada imej bahwa mutu madrasah lebih rendah dari sekolah umum, walaupun ada madrasah yang tidak kalah kualitasnya dibanding lembaga pendidikan umum," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari Fraksi PKS, Surahman Hidayat, di Jakarta, Selasa (7/2/2012).

"Program akreditasi ini bagus, tapi belum cukup. Harus ada program lain yang dapat meningkat kualitas pendidikan madrasah," katanya.

Surahman berharap, pemerintah lebih serius lagi meningkatkan kualitas pendidikan madrasah. Kebijakan pemerintah tidak boleh diskriminatif terhadap pendidikan madrasah.

"Harus ada perluasan akses dan pemerataan pendidikan baik sekolah umum maupun madrasah," ungkap Anggota DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Barat X ini.

Sumber: kompas.com