Kualitas Kepala Sekolah Masih Diabaikan

2 Mei 2016 Berita Pendidikan


Kepala sekolah merupakan faktor penting untuk meningkatkan mutu pendidikan sebuah sekolah. Kepala sekolah yang baik terbukti dapat memimpin dan menyesuaikan rancangan sekolah mereka. Tapi sayangnya, banyak daerah yang mengabaikan kompetensi yang harus dimiliki kepala sekolah.

Hal ini terbukti dari masih banyak kepala sekolah yang masih belum mempunyai Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS). NUKS adalah nomor yang diberikan bagi guru yang berhasil menyelesaikan pembelajaran profesional menjadi kepala sekolah. NUKS sendiri menjadi tanda bukti kelayakan seorang guru menjadi kepala sekolah.

Senior Advisor for Knowledge Management and Communication, ACDP Indonesia Totok Amin Soefijanto mengatakan mempunyai NUKS seharusnya diwajibkan bagi kepala sekolah. Sebab hal tersebut sudah tertulis di Permendiknas 28 tahun 2015, yang isinya ihwal penetapan dasar hukum bagi persiapan, sertifikasi, penerimaan, dan pengangkatan serta penilaian kinerja kepala sekolah.

Bahkan menurut data dari Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS), jumlah kepala sekolah yang sudah memiliki NUKS hanya 1,2% - 2,1% dari jumlah kepala sekolah di Indonesia.

Component 2 Manager Education Quality Australia's Education Partnership with Indonesia School System and Quality (SSQ), Yaya Kardiawarman menilai kecilnya angka kepala sekolah yang mempunyai NUKS tersebut bisa jadi karena kebijakan dari pemda masing - masing.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)