Berita Pendidikan
22 Oktober 2009

Kualifikasi Pendidikan: Guru Keluhkan Izin Belajar

KALIANDA - Sejumlah guru di Lampung Selatan mengeluhkan terlambatnya izin belajar yang diberikan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Lamsel. Akibatnya mereka terlambat mendaftar dan harus tertunda untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan.

Hal tersebut terungkap dalam halalbihalal yang digelar Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Lamsel, Senin (19-10), di Aula Gedung Olahraga dan Seni, Kalianda, Lamsel.

Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Lamsel Kamaruzaman mengatakan, banyaknya guru yang kehilangan kesempatan belajar karena terlambatnya izin dari BKD.

"Sudah banyak yang mengadu kepada saya. Oleh karena itu, saya berharap kepada BKD Lamsel untuk memberikan izin belajar terhadap para guru. Kalau semua persyaratan sudah sesuai, saya minta berikan saja, jangan dihambat. Apalagi, banyak para guru yang masih belajar untuk dapat menyelesaikan pendidikan sarjana strata satu," ujarnya.

Kamaruzaman mengatakan sesuai dengan UU Sisdiknas, kualifikasi pendidikan seorang guru minimal sarjana. Apalagi, di Lamsel maih ada 900 guru yang belum lulus S-1. Selain itu, ijazah sarjana juga berguna untuk mengikuti sertifikasi.

Hal senada dikatakan Bupati Lamsel Wendy Melfa. Menurut Wendy, masalah izin belajar para guru yang terkendala di BKD Lamsel nantinya menjadi urusan Pemkab Lamsel untuk menyelesaikanya.

"Oleh karena itu, saya berharap siapa pun pejabat yang mengurusi masalah izin belajar, agar kembali ke jalan yang benar. Jangan hambat guru yang hendak minta izin belajar melanjutkan studinya, selagi tidak mengganggu tugas mengajar di sekolah tempat di mana para guru itu mendidik," kata Wendy Melfa,

Sementara itu, Kepala BKD Lamsel Sukiran, ketika dikonfirmasi mengenai hal itu mengatakan izin belajar bagi para guru yang hendak melanjutkan studi, sudah selesai.

"Kalaupun ada kendala, itu karena semula harus ada tanda tangan sekretaris daerah (sekda) Lamsel. Karena, jabatan sekda Lamsel semula kosong. Jadi, butuh tanda tangan sekda Lamsel. Makanya, kami menunggu jabatan sekda Lamsel di isi dan kini jabatan sekda Lamsel sudah ada. Jadi, masalahnya sudah dapat ditangani," kata dia.

Dia mengatakan jika Bupati memberikan wewenang kepadanya, akan secepatnya menyelesaikan masalah izin belajar bagi para guru tersebut. n CK-3/S-2

Sumber: lampungpost.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris