Berita Pendidikan
1 September 2009

Kualifikasi Pendidikan: 6.000 Guru Lamsel Belum Sarjana

Jenjang pendidikan 6.000 guru di Lampung Selatan belum sarjana atau strata satu. Padahal, Undang-Undang Guru dan Dosen menegaskan kualifikasi pendidikan seperti itu harus dipenuhi.
Untuk itu, Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Lamsel bekerja sama dengan Univeritas Lampung menggelar sosialisasi penyelenggaran program sarjana kependidikan bagi guru dalam jabatan se-Kabupaten Lampung Selatan, Senin (31-8), di Aula Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Lamsel.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Lamsel Djunaidi Sudrajat, dasar pelaksanaan sosialisasi program sarjana ini mengacu pada naskah akademik penyelenggaraan program sarjana kependidikan bagi guru dalam jabatan, Undang-Undang No. 14/2005 tentang Guru dan Dosen dan Peraturan Pemerintah (PP) No. 74/2008 yang menyatakan guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikasi pendidikan, sehat jasmani dan rohani serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Selain itu, guru juga harus memperoleh pendidikan sarjana atau akta empat pada perguruan tinggi yang menyelenggarakan program pendidikan tenaga kependidikan atau program pendidikan nonkependidikan.

"Jadi, pada 2014 seluruh guru baik PNS maupun non-PNS sudah memiliki ijasah minimal S-1 kependidikan atau diploma IV," ujar Djunaidi.

Hadir dalam sosialisasi program pendidikan sarjana itu, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Lamsel Djunaidi Sudrajat, Sekretaris Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Lamsel Teguh Iriyanto dan dua narasumber dari Unila, Arwin Ahmad dan Imam Rejana. Turut hadir dalam sosialisasi itu, 897 guru di Lamsel.

Djunaidi Sudrajat menambahkan secara perinci para guru yang ikut sosialisasi program sarjana itu guru taman kanak-kanak (TK) 62 orang, guru SD (566), guru SMP (211), dan guru SMA (58). n CK-3/S-1

Sumber: Lampungpost.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris