Berita Pendidikan
26 Oktober 2009

Kota Pendidikan, Metro Bangun Gedung SMP Rp. 33 M

METRO (Lampost): Geliat Metro menjadi kota pendidikan terus terlihat. Kota dengan lima kecamatan itu bakal memiliki gedung SMP negeri 1 berstandar internasional bernilai Rp33 miliar.

Pembangunan tahap pertama mengunakan dana stimulan fiskal senilai Rp12,9 miliar, yang dikerjakan rekanan PT Rindang 31.

Pada 2010, gedung itu sudah bisa digunakan meski penyempurnaan pembangunannya baru penyelesaian tahap awal.

Konsultan perencanaan Hamzah yang ditemui beberapa hari lalu mengatakan penyempurnaan pembangunan gedung SMP negeri 1 berstandar internasional itu membutuhkan dana Rp33 miliar. "Kita akan menyelesaikan tahap awal senilai Rp12,9 miliar akhir tahun ini," ujarnya.

Jika gedung akan digunakan sesuai keinginan pemerintah, sudah memungkinkan. Sebab, sebagian item untuk belajar sudah bisa terselesaikan pada tahap awal.

Gedung sekolah itu menggunakan fondasi 285 tiang pancang dan binfile. Hal itu lantaran struktur tanahnya merupakan tanah rawa. "Cukup puas karena lahan di sini bekas sawah dan dikerjakan menggunakan fondasi tiang pancang, sehingga diharapkan bisa terjamin ketahanannya," kata dia.

Gudang yang dibangun di atas lahan seluas 2 ha itu dirancang representatif dengan sekitar 25 jenis pekerjaan, termasuk taman penghijauan, serta tempat ibadah muslim dan nonmuslim.

Menurut Hamzah, pekerjaan tahap awal pembangunan sekitar 16 item dikerjakan dengan ketentuan waktu hanya 85 hari. Untuk tahap awal ini, gedung yang dibangun di antaranya gedung kelas, kantin, laboratorium, aula, dan tempat ibadah. "Jadi, selesai hanya sampai cor lantai pertama bangunan bertingkat," ujarnya. Sisa penyempurnaan dilanjutkan pada tahap kedua mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Pramono mengharapkan bangunan gedung sekolah sudah bisa digunakan pada 2010.

Selama ini, para pelajar masih menggunakan gedung lama yang belum representatif, selain lahannya sempit. "Kami merencanakan di 2010 ini siswa sudah bisa pindah ke gedung yang baru," kata dia. n CAN/S-1

Sumber: lampungpost.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris