Konferensi Guru Nusantara 2012: "Pendidikan Sains; Sains untuk Masyarakat, Sains untuk Masa Depan"

12 November 2012 Berita Pendidikan


Untuk ke-7 kalinya, Swadaya-Provisi Edukasi menggelar event tahunan Konferensi Guru Nusantara pada tanggal 7-8 November 2012 dan yang tahun ini bertema "Pendidikan Sains; Sains Untuk Masyarakat, Sains Untuk Masa Depan". Acara ini kembali digelar di Gedung Yustinus lt 14-15 Universitas Atma Jaya Jakarta dan dihadiri oleh sekitar 500 peserta yang terdiri dari guru, kepala sekolah praktisi dan pemerhati pendidikan dari tingkat SD sampai SMA/SMK dari seluruh pelosok Indonesia.

Selama dua hari tersebut, KGN 2012 mengundang sejumlah ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu antara lain bioteknologi, penerbangan, energi, informasi, matematika, dan teknologi pangan untuk berbagi pengalaman di suatu forum ilmiah. Tak hanya itu, beberapa tokoh masyarakat di dunia usaha dan sektor sosial juga hadir untuk memberikan wawasan dan pandangan mereka mengenai peran perkembangan sains dan pendidikan sains bagi generasi muda.

Untuk mengakomodasi saratnya materi yang dibawakan oleh para pembicara, kerap kali sesi presentasi dibagi di dua ruangan dan berjalan secara paralel baik di lantai 14 atau lantai 15. Para peserta bebas memilih sesi mana yang akan diikuti. Selain dua sesi tersebut, juga tersedia beberapa stand pameran buku-buku edukasi seperti ensiklopedia dan buku panduan.

Para pembicara yang turut meramaikan acara ini adalah antara lain:

Yanuar Nugroho, Ph.D
Peneliti, University of Manchester, UK. Unit Kerja Presiden - Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan

M.Frederic Ezerman
Interdisciplinary Group, Centre for Quantum Technologies, National University of Singapore

Najelaa Shihab
Head of School-Sekolah Cikal

Prof. Benyamin Lakitan, Ph.D
Kementerian Riset dan Teknologi, Kedeputian Bidang Pengembangan IPTEK

Sri Wahyaningsih
Kepala Sekolah SALAM

Ferro Ferizka Aryananda
Asia Pacific technology Solution Profesional, Microsoft Corp

Prof. Dr. F.G. Winarno
Guru Besar

Wayan Tjatra, Ph.D
SMA Santa Laurensia

Noan Fesnoux
Science Education in Harmony with Nature and Global Issues

Karlina Supelli
Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Jakarta

Iftida Yasar, SH. Msi
Wakil Sekertaris Umum DPN APINDO

Konferensi Guru Nusantara 2012 diselenggarakan oleh Swadaya - Provisi Edukasi bermitra dengan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya dan didukung oleh: BP Migas, Chevron, Bank BJB, Indonesia Power, PT Adaro Indonesia, Kompas, Maped, Mizan Publishing House, Edupac, Telkomsel.

Untuk informasi lebih lanjut anda dapat mengunjungi website KGN 2012 di: http://www.konferensigurunusantara.net/index2012.php?id=in