Kondisi Gedung SDN Mojosari 01 Ancam Keselamatan Siswa

6 Februari 2018 Berita Pendidikan


Kondisi gedung SDN Mojosari 01, Desa Mojosari, Kecamatan Puger mengancam keselamatan siswanya. Meskipun dua tahun dua ruang kelas itu tidak ditempati tetapi cukup membahayakan siswa. Di bagian tembok depan atas sudah terlihat doyong/miring ke depan. Selain bagian temboknya yang sudah miring, bagian wuwungan di dua ruang kelas tersebut sudah terlihat melengkung.

Parwoto SPd, kepala SDN Mojosari 01, Kecamatan Puger menuturkan; bahwa sejak dua tahun ini dua ruang kelas terpaksa dikosongkan demi keselamatan jiwa anak-anak. Miringnya tembok ke depan juga terlihat bagian penyangga teras sudah mulai ikut miring. Ketika ada goyangan sedikit, tembok itu akan ambruk bersama ruang kelas lainnya. Karena yang cukup perah memang dua ruang kelas. Bagian tembok banyak yang retak dan ini cukup rentan dengan ambruknya ruang kelas.

Sementara di ruang kelas 2 A yang juga bergandengan dengan ruang kelas yang parah itu terpaksa ditempati. Namun, ketika hujan deras ruang kelas akan bocor dan air hujan dari halaman masuk ke dalam ruang kelas. Terkait dengan ruang kelas yang sudah parah dan lama dikosongi ini pihak sekolah sudah melaporkan ke UPT Puger. Sekolah hanya melaporkan saja, karena ruang kelas yang rusak itu sudah terlalu parah. Sedangkan ruang kelas 2 A saja agar bisa ditempati 24 siswa harus di rehab dengan memperbaiki reng dan mengganti genting yang mulai banyak yang retak.

Meskipun kondisi tembok sudah membahayakan namun di teras masih ditempati parkir sepeda milik siswa. Apalagi banyak siswa yang menuju warung di sisi selatan bangunan SD juga lalu lalang di depan gedung yang sudah miring. Siswa memang banyak yang tidak tahu dengan kondisi tembok ruang kelasnya yang sudah miring/condong ke depan. Gedung bisa ambruk, apalagi beberapa bulan terakhir ini hujan hampir setiap hari dan curah hujannya sangat tinggi.

Oleh: Josua M
(Dikutip dari berbagai sumber)

Tags