Berita Pendidikan
1 November 2010

Komunitas Pendidikan Butuh Buku Dasar Bahasa Cerbon

Komunitas pendidikan berbasis bahasa dan sastra Cirebon saat ini sangat membutuhkan buku-buku dasar, seperti Kamus Dasar Bahasa Cirebon,Unicode Bahasa Cirebon, Aksara dan Peraga Carakan Bahasa Cirebon.
"Buku-buku tersebut dibutuhkan untuk pembelajaran siswa dari kelas I hinggaI X pada tahun ajaran 2011. Kami mendesak agar Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera menerbitkan buku-buku tersebut untuk anggaran 2011," kata Ketua Lembaga Basa lan Sastra Cerbon (LBSC) Nurdin M. Noer kepada "PRLM", Minggu (31/10).

Menurut dia, dalam kaitan ini, Dinas Pendidikan Jawa Barat telah meluluskan 35 buku basa Cerbon berkualitas. Dalam SK no.481.3/15144-BPBDK tentang Daftar Buku Teks Pelajaran Bahasa Cirebon dan Buku Bacaan Muatan Lokal Bahasa Cirebon yang Berkualitas untuk Digunakan dalam Proses Pembelajaran di Tingkat SD/MI,SMP/MTs dan SMA/SMK/MA tanggal 17 September 2010.

SK yang ditandangani Kepala Disdik Jabar, Prof. Dr.H.Moh. Wahyudin Zarkasyi, Ak itu memuat pula 35 buku ajar dan penunjangnya. Terdiri daribuku teks pelajaran untuk jenjang SD/MI, masing-masing Ginau Basa Cerbon kelas I sampai VI (Muadhim, SH, MMPd dkk, Basa lan Sastra Cerbon-Dermayu untuk kelas I dan VI (Durokhim, SPd). Untuk jenjang SMP/MTs, terdiri dariBasa lan Sastra Cerbon-Dermayu kelas VII sampai IX (Sulistijo) dan SinauBasa lan Sastra Cerbon kelas VII sampai IX (Saupah, SPd, dkk).

Sedangkan untuk buku bacaan muatan lokal jenjang SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK/MA, lanjut Nurdin, terdiri dari Menusa Cerbon dan Kamus Dasar Basa Cerbon Indonesia (Nurdin M. Noer),Pribasa Cerbon Dermayu (Darouf), Kumpulan Parikan dan Dongeng Rayat Cerbon (Sujai), Sastra Klasik Cerbon (Drs. H. Yatna Supriyatna), Cemplung Watu Gonjing Adat (Roji Hidayat), Aksara Carakan Cerbon dan Lembaran Alat Peraga Aksara Carakan Cerbon (Saufah, SPd), Paramasastra Cerbon Dermayu (Durokhim, SPd), Belajar Praktis Menulis dan Membaca Aksara Carakan CerbonDermayu (Sulistijo), Kumpulan Naskah Skenario Film (Sumbadi Sastra Alam), Demang Karang Kletak - Naskah Drama Cerbonan (Subagio Madhari SPd), Sesambat- Tiga Kempalan Puisi Cerbonan (Supali Kasim, SPd, Kumpulan Legenda Cerbon (Made Casta, MPd), Direktori Aksara Carakan Cerbon untuk Unicode (Sulistijo)dan Kumpulan Jogregan (Akim Garis).

Seleksi buku dilakukan pada awal Juli diketuai Nurdin M. Noer untuk buku ajar dan Made Casta untuk buku penunjang. Kegiatan ini merupakan kerja bareng antara Balai Pengembangan Bahasa Daerah dan Kesenian Dinas Pendidikan Jawa Barat dan Lembaga Basa lan Sastra Cerbon.

Sumber: pikiran-rakyat.com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris