Berita Pendidikan
18 Januari 2010

Ketua DPR Dukung Guru Mogok

Ketua DPR Marzuki Ali merespons secara positif usulan PGRI agar pemerintah segera menerbitkan peraturan untuk guru swasta, honorer, dan wiyata bakti. Ketua Umum PGRI Dr Sulistiyo MPd mengemukakan hal itu setelah audiensi dengan Marzuki. Kalau perlu Depdiknas didemo saja, kata Sulistiyo, menirukan pernyataan Marzuki.

Dia menyatakan Marzuki juga meminta PGRI terus mendukung dan memperjuangkan nasib guru swasta dan wiyata bakti karena nasib mereka acap terabaikan. Upah mereka masih memprihatinkan, bahkan di bawah upah buruh pabrik.

Perlakuan deskriminatif berbagai pihak terhadap guru PNS dan non- PNS sangat kentara. Marzuki, ujar dia, mengemukakan PGRI perlu menekan lebih keras lagi. Bahkan sejauh diperlukan, tak masalah guru mogok mengajar seminggu.

Tak apa-apa. Tak perlu takut. Toh tak merugikan jika hanya seminggu. Nanti bisa diganti mengajar pada hari lain dengan lebih baik, katanya. Upah Wajar Pemerintah, kata Sulistiyo, hendaknya memahami demo itu merupakan wujud perjuangan PGRI. Sebab, selama ini ada bupati dan wali kota alergi demo. Sampai-sampai ada guru dipecat atau pangkat mereka diturunkan jika demo, katanya.

Dia meminta DPR mendorong pemerintah segera menghentikan pelecehan terhadap profesi guru non-PNS. Misalnya, dengan memberikan upah yang wajar. Selain itu dia meminta pemerintah segera mencabut surat edaran Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara soal penempatan guru negeri. Dalam edaran itu ada larangan guru negeri ditempatkan di sekolah swasta kecil atau miskin.

Pencabutan itu akan mendorong sekolah swasta menjadi baik, katanya. Pengurus Besar PGRI sudah memperisapkan beberapa langkah untuk mengakomodasi usulan itu. Salah satunya mempersiapkan gerakan organisasi secara nasional. Itu akan kami lakukan jika sampai Hari Guru Nasional dan HUT Ke-65 PGRI, peraturan pemerintah mengenai guru swasta dan honor wiyata bakti belum keluar, tegas dia. (H31-53)Sumber: Suaramerdeka.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Karir Iklan Baris