Berita Pendidikan
9 September 2009

Kesejahteraan: Guru SD Pun Dapat THR

Kabar gembira bagi guru sekolah dasar (SD) di Bandar Lampung. Pasalnya Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Betik Gawi memberikan tunjangan hari raya (THR) sebesar Rp300 ribu/guru. Selain itu, guru juga mendapat uang kredit daging senilai Rp150 ribu/guru.
Ketua KPRI Betik Gawi Nusyirwan Zakki mengatakan pembagian THR dilaksanakan Selasa-Sabtu (8-12 September). Pembagian THR dan uang kredit daging dilaksanakan di kantor KPRI, di Jalan Wolter Monginsidi Bandar Lampung.

Dia mengatakan total dana yang dianggarkan untuk pembagian THR sebesar Rp937,5 juta. Sedang dana kredit daging yang diberikan kepada guru sebesar Rp468,750 juta.

Jumlah tersebut diperoleh dari besarnya THR yakni Rp300 dikalikan jumlah anggota sebanyak 3.125 orang. Demikian juga untuk kredit daging, jumlah yang diberikan Rp150 ribu dikalikan 3.125 anggota.

"Kita memberikan THR untuk semua guru baik yang beragama muslim maupun nonmuslim," kata Nusyirwan di Bandar Lampung, Selasa (8-9).

Dia mengatakan dana tersebut bersumber dari anggaran koperasi dan masuk dalam rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi (RAPBK) dan diputuskan dalam rapart anggaran tahunan (RAT).

"Sudah dua tahun ini kita memberikan THR sebesar Rp300 ribu. Tahun sebelumnya THR yang kita berikan Rp200 ribu/guru," kata dia.

Menurut Nusyirwan, dalam RAT tahun 2008 ada usulan untuk memberikan THR Rp500 ribu/guru. Namun, karena dikhawatirkan mengganggu perputaran uang di KPRI, diputuskan untuk memberikan THR Rp300 ribu/orang.

Sedang kredit daging diberikan kepada para guru dengan cara mencicil tanpa bunga. Cicilan dibayarkan mulai bulan November sebesar Rp30 ribu/bulan.

Mengenai libur sekolah, Nusyirwan yang juga ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SD Kota Bandar Lampung mengatakan sekolah memberlakukan libur beragam. "Pada dasarnya tidak mengurangi jam efektif belajar siswa sehingga siswa tidak dirugikan," kata Nusyirwan.

Dia mengatakan sekolah diberi kewenangan khusus untuk menentukan hari libur. Sehingga, sejumlah sekolah ada yang menetukan libur lebih awal dari ketentuan Dinas Pendidikan.

Menurut Nusyirwan, di SDN 2 Rawalaut libur mulai 14 September. Sekolah akan menggelar rapat koordinasi pada 15 September. Dia berharap semua warga sekolah kembali masuk tepat waktunya.

"Karena liburnya cukup panjang, semua warga sekolah harus masuk tepat waktu dan tidak ada alasan untuk menunda waktu masuk sekolah," kata dia. UNI/S-1

Sumber: Lampungpost.Com

Berita Pendidikan Lainnya...

Direktori Sekolah Info Beasiswa Solusi Pendidikan Promo Tahukah Kamu? Hiburan Tutorial Lowongan Iklan Baris