Keren, Siswa SMA Indonesia Berhasil Meraih Medali Emas di Olimpiade Korsel!

9 Agustus 2016 Berita Pendidikan


Indonesia kembali meraih prestasi di ajang internasional. Kali ini berasal dari siswa SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya dan SMA Laazuardi GIS Depok yang berhasil membawa medali emas dan perunggu dari ajang Olimpiade Standardisasi Internasional tingkat SMA di Korea Selatan (Korsel).

Perwakilan tim dari SMAK St. Louis 1 Surabaya berhasil meraih medali emas dan tim dari SMA Laazuardi GIS Depok berhasil meraih medal perunggu.

Dari Tim SMK St. Louis 1 Surabaya terdiri dari 3 anggota, yakni Billy, Agatha, dan Leonard. Setiam anggota memiliki keahliannya masing - masing. Billy ahli dalam matematika, Agatha ahli bahasa Inggris, dan Leonard ahli dalam fisika.Mereka berhasil menciptakan prototype drone dengan sistem hidrolik yang didesain 4 dimensi.

Bagus Alif Fahasyim, salah satu anggota dari tim SMA Lazuardi GIS Depok mengatakan olimpiade ini membutuhkan kreativitas dan konsentrasi yang tinggi. Peserta diberikan alat dan bahan yang ditentukan juri.

"Dengan alat dan bahan yang tersedia, peserta dituntut untuk bereksperimen, berkreasi, maupun berinovasi spesifikasi apa saja yang harus ditambahkan untuk delivery system drone serta menstandarisasi spesifikasi maupun komponen-komponen yang ada dalam drone tersebut dengan menulis portofolio yang panitia sediakan," terang Bagus.

Olimpiade Standarisasi Internasional diselenggarakan pada 4 - 5 Agustus 2016. Ajang ini diikuti oleh 26 tim dari 6 negara yaitu Korea, Indonesia, Jepang, Malaysia, Belanda, dan Peru. Olimpiade Standarisasi Internasional merupakan kerja sama KATS (Korean Agency for Technology and Standards), Ministry of Trade, Industry & Energy, The Republic of Korea dan KSA (Korean Standards Association) di KSA HRD Center, Anseong, Korea Selatan.

Oleh: Feliciany H T
(Dikutip dari berbagai sumber)