Keren! Siswa SD Asal Semarang Ciptakan Solusi Anti Rayap dan Menang di Korea Selatan

8 November 2015 Berita Pendidikan


Kabar baik baru saja datang dari Negeri Ginseng Korea Selatan. Seorang anak SD bernama Muhammad Zulfikar Avicenna, siswa kelas VB SD Semesta Bilingual Boarding School, Semarang baru saja meraih medali di Korsel atas temuan formula anti rayapnya.

Kerisihan Avicenna terhadap rayap yang terdapat di rak buku perpustakaan sekolahnya mengantarkan Avicenna meraih medali tersebut.

Bersama teman sekelasnya Muhammad Baiata Farisi, Avicenna melakukan riset untuk mencari formula anti rayap yang ampuh. Di bimbing sang guru Umarudin, Cenna bersama Farisi menemukan buah bintaro sebagai bahan utama formula anti rayap.

Buah bintaro dipilih karena banyak terdapat di Tembalang dan Banyumanik, buah Bintaro juga sudah terbukti dapat membasmi tikus.

Melakukan percobaan sebanyak dua kali, akhirnya pada percobaan kedua Cenna dan Farisi berhasil membuat formula tersebut. Karena unik hasil temuan Cenna dan Farisi dilombakan di ajang World Creativity Festival 2015 di Daejeon, Korea Selatan.

Hasil temuan Cenna dapat mematikan rayap cukup 3 kali semprotan. Guru pembimbing, Umarudin mengatakan pihaknya membantu membimbing dan mengarahkan siswanya termasuk mencarikan jurnal tentang buah Bintaro itu.

Kedepannya temuan ini akan dilakukan penelitian lebih lanjut. Rencana untuk mematenkan temuan Cenna dan Farisi ini pun juga sedang di rencanakan.

Oleh: Muhamad Erzal
(Diolah dari berbagai sumber)